A-Z Hama Tanaman

Rhynchophorus Ferrugineus (Hama Kumbang Sagu)

Rhynchophorus Ferrugineus Oliv. (Coleoptera: Curculionidae) atau dikenal dengan istilah Kumbang Sagu merupakan salah satu jenis kumbang yang menjadi hama pada tanaman kelapa dan berbagai jenis palem, terutama sagu kiray (Metroxylon sago). Sifat serangannya sekunder setelah ada pelukaan akibat serangan kumbang badak.Tingkat kerusakan akibat serangan kumbang sagu dapat mencapai 100% yang menyababkan kematian tanaman.

Penyebaran geografis: Pakistan, India, Srilanka, Bangladesh, Birma, Asia Tenggara, Indochina, Taiwan, Papua New Guinea, dan Kepulauan Solomon. Di wilayah Indonesia Timur, diketahui ulat sagu menjadi makanan yang mengandung protein daniolah menjadi tepung sagu. Tanaman inang hama kumbang sagu ini yaitu kelapa, aren, kelapa sawit, sagu atau kiray, pinang, dan gebang.

Gejala

Larva atau ulat hama R. ferrugineus merupakan stadia yang merusak tanaman dengan cara membuat gerekan pada batang atau pucuk kelapa. Larva juga dapat merusak akar, batang, dan pucuk pada tanaman muda. Sedangkan, serangan hama ini pada tanaman dewasa hanya terjadi pada bagian pucuk saja.

Gerekan pada pucuk dapat mengakibatkan patah pucuk dan jika mencapai titik tumbuh akan berakibat fatal karena tanaman tidak dapat menghasilkan daun baru. Gerekan pada batang mengakibatkan kerusakan pada tanaman. Dari liang gerekan keluar sisa-sisa serat dan kotoran, pada tanaman muda sering keluar lendir merah cokelat.

Kerusakan tajuk tanaman kelapa akibat serangan kumbang badak yang diteruskan oleh kumbang sagu dapat menyebabkan kematian pada tanaman kelapa tersebut. Kematian banyak terjadi pada tanaman muda, karena larva kumbang sagu dapat masuk ke titik tumbuh.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa strategi pengendalian yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Mencegah terjadinya pelukaan pada tanaman, terutama tanaman muda.
  2. Menebang batang terserang berat dan membunuh semua telur, larva, pupa, dan imago yang dijumpai.
  3. Pemanfaatan musuh alami, seperti parasitoid Scolia erratica, nematoda entomopatogen Heterorhabditis indicus, Steinernema riobave, dan S. carpocapsae.
  4. Aplikasi pestisida berbahan aktif karbofuran.

 

--------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Kumbang_Sagu


Direktorat Perlindungan Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan Departemen Pertanian. 2009. Pengendalian Hama Kumbang Sagu (Rhynchophorus ferrugineus Olivier) Pada Tanaman Kelapa


Hastuty S. 20016. PENGOLAHAN ULAT SAGU (RHYNCHOPHORUS FERRUGINENES) DI KELURAHAN BOSSO KECAMATAN WALENRANG UTARA KABUPATEN LUWU. Jurnal Perspektif 1 (1): 12-19