A-Z Hama Tanaman

Rhopalosiphum Maidis (Kutu Daun)

Kutu daun Rhopalosiphum maidis Fitch. (Hemiptera: Aphididae) merupakan jenis serangga yang secara ekologi berfungsi sebagai hama pada tanaman jagung. Serangan hama ini sering terjadi terutama saat musim kemarau.

Hama kutu daun R. maidis akan menghisap cairan tanaman untuk dihasilkannya embun madu. Pengertian embun madu yaitu hasil ekskresi dari kutu daun berupa substansi gula. Hasil ekskresinya itu juga dapat mendukung pertumbuhan cendawan jelaga. Informasi lainnya, hama kutu daun R. maidis merupakan vektor dari 15 macam virus tanaman, salah satunya adalah sugarcane mosaic virus (SCMV).

Gejala

Gejala serangan hama kutu daun R. maidis pada tanaman jagung dapat ditengarai dengan adanya bentuk dan warna daun yang menjadi tidak normal, dan pertumbuhan tanaman jagung yang lamban/terhambat. Tanaman jagung akan tampak kerdil bahkan dapat menyebabkan kematian sebelum waktunya, sehingga menyebabkan kehilangan hasil dan menurunkan produksi dari jagung.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan dan pencegahan kehilangan hasil akibat serangan hama kutu daun R. maidis ini dapat dilakukan melalui beberapa cara pengendalian, yaitu:

  1. pemanfaatan musuh alam. Musuh alami yang dapat ditemukan di pertanaman jagung yaitu kelompok serangga Coccinellidae, Syrphidae, serta Chrysopidae. Selain itu, musuh alami lainnya yang dapat ditemui adalah beberapa jenis serangga parasitoid dan patogen. keberadaan musuh alami di pertanaman dapat menekan populasi hama kutu daun R. maidis dengan baik dan juga dapat mengurangi penggunaan senyawa kimia, seperti pestisida.
  2. penggunaan pestisida secara bijaksana. Namun, penggunaan pestisida secara berlebihan dinilai tidak ramah lingkungan dan dapat menyebabkan beberapa masalah, diantaranya terbunuhnya serangga yang bermanfaat dan dapat menyebabkan hama tersebut menjadi bersifat resisten.

 

-------------------------------------

Ditulis oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


HASANAH HA. 2010. PERKEMBANGAN POPULASI KUTU DAUN Rhopalosiphum maidis Fitch (HEMIPTERA: APHIDIDAE) DAN MUSUH ALAMINYA PADA TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt). Skripsi. IPB Press.


Borror DJ, Triplehorn CA, Johnson NF. 1989. An Introduction to the Study of Insect. Ed ke-6 United State of America: Thomson Learning, Inc.