A-Z Hama Tanaman

Procontariana Matteina (Puru Daun Mangga)

Serangga Procontariana matteina (Diptera: Cecidomyiidae) atau puru daun merupakan sejenis lalat yang menjadi hama pada tanaman mangga. Hama lalat puru dauni ini aktiv pada malam hari. Lalat betina akan bertlur dengan meletakkan telurnya di atas permukaan daun. Telur akan menetas menjadi larva dan menetap dalam jaringan daun membentuk bintil kecil (puru). Larva tersebut akan menghisap cairan dalam jaringan daun.

Gejala

Daun yang terserang hama ini ditandai dengan adanya bintil-bintil kecil atau puru pada permukaan dan bawah daun. Bintil-bintil tersebut berwarna coklat kehitaman dan jika daun diraba daun akan terasa keras. Di dalam bintil tersebut terdapat larva atau ulat berwarna putih dengan panjang 1-2 mm. Ulat atau larva tersebut akan meninggalkan bekas lubang pada saat ulat keluar meninggalkan jaringan daun. Dalam satu daun tampak terdapat banyak sekali bintil-bintil kecil tersebut, akibatnya proses fotosistesis terganggu sehingga menghambat pertumbuhan tanaman.

Penanganan dan Pencegahan

Salah satu alternatif terbaik untuk mengendalikan hama lalat puru daun ini yaitu dengan melakukan sanitasi lingkungan.

 

--------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kasumbogo Untung. 2010. Diktat Dasar-dasar Ilmu Hama Tanaman. Jurusan Hama dan Penyakit TumbuhanFakultas Pertanian UGM, Yogyakarta.


Pathak MD, Khan ZR. 1994. Insect Pest of Rice. Los Banos: International Rice Research Institute


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.