A-Z Hama Tanaman

Prays Citri Millière (Ulat Penggerek Bunga dan Puru Buah)

Serangga ngengat Prays citri (Lepidoptera: Yponomeutidae) merupakan salah satu jenis hama pada tanaman jeruk. Siklus hidup dari telur hingga menjadi kupu-kupu dewasa berlangsung 29 hari. Ulat atau larva menggerek kulit buah jeruk serta hidup di dalamnya.

Pada saat tanaman jeruk mulai berbunga, larva akan masuk ke dalam kuncup-­kuncup bunga atau pada kulit buah-buah muda dan hidup di dalamnya. Serangga hama ini banyak ditemukan di Sumatera dan Jawa (Indonesia), Eropa Tenggara sampai dengan Asia Tenggara antara lain Malaysia.

Gejala

Hama ini menyerang menyerang buah-buah muda dan meninggalkan bekas berupa puru-puru. Selain itu, hama ini menyerang kuncup bunga jeruk manis atau jeruk besar yang belum mekar sehingga apabila buah berkembang, akan meninggalkan bekas lubang-lubang bergaris tengah 0,3 - 0,5 cm. Bunga-bunga yang terserang parah mudah rontok atau gugur.

Infeksi sekunder sering terjadi melalui luka, menyebabkan buah muda gugur sebelum tua. Seiring dengan perkembangan buah, pada puru-puru tersebut terjadi lubang, menyebabkan buah berkualitas rendah. Buah-buah yang banyak diserang oleh ulat ini terutama dari jenis jeruk yang berkulit tebal seperti jeruk besar, jeruk manis, jeruk sitrun, dan grapefruit.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa startegi penanganan dan pencegahan dari hama Prays citri yaitu:

  1. Kultur teknis, meliputi cara-cara yang mengarah pada budidaya tanaman sehat yaitu: terpenuhinya persyaratan tumbuh (suhu, curah hujan, angin, ketinggian tempat, tanah), pengaturan jarak tanam, pemupukuan, dan pengamatan secara teratur setiap 2 minggu.
  2. Mekanis dan fisik, dilakukan dengan mengumpulkan buah-buah muda yang menunjukkan puru dan memusnahkannya agar populasi tidak berkembang. Bunga-bunga yang terserang dan gugur dikumpulkan serta dimusnahkan.
  3. Kimiawi, dengan menggunakan insektisida selektif dan efektif sesuai rekomendasi, dilakukan secara spot spray pada bagian tanaman yang terserang.

 

-------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

http://ditlin.hortikultura.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=105&Itemid=89


https://www.cropscience.bayer.com/en/crop-compendium/pests-diseases-weeds/pests/prays-citri