A-Z Hama Tanaman

Planococcus Citri Risso (Kutu Dompolan)

Serangga kutu dompolan Planococcus citri Risso (Hemiptera: Coccoidea) merupakan salah satu jenis hama pada tanaman jeruk. Hama kutu dompolan sangat menyukai buah jeruk yang masih muda dan dapat pula menyerang pucuk-pucuk.

Populasi akan meningkat di musim kemarau dan akan menurun pada musim hujan. Pada musim hujan cendawan Entomophthora fresenii akan menyebabkan kutu-kutu ini mati. Kutu dompolan P. citri menyebar luas di daerah tropis dan subtropis, banyak dijumpai di rumah kaca serta menyukai berbagai tanaman. Tanaman inang lain dari hama P. citri yaitu kopi, lamtoro (Leucaena glauca), dan beberapa gulma.

Gejala

Hama kutu dompolan P. citri menyerang tangkai buah dan meninggalkan bekas berwarna kuning kemudian kering sehingga banyak buah yang gugur. Pada bagian tanaman yang terserang tampak dipenuhi oleh kutu-kutu putih seperti kapas.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa strategi pengendalian dari hama kutu dompolan Planococcus citri, yaitu sebagai berikut:

  1. Pengendalian secara bercocok tanam/kultur teknis, meliputi cara-cara yang mengarah pada budidaya tanaman sehat yaitu: terpenuhinya persyaratan tumbuh (suhu, curah hujan, angin, ketinggian tempat, tanah), pengaturan jarak tanam, pemupukuan, pengamatan sekitar 20 % populasi tanaman khususnya pada buah (10 buah/tanaman secara acak) yang mengandung kutu.
  2. Pengendalian mekanis dan fisik, dilakukan dengan menjaga kebersihan kebun dengan mengadakan sanitasi gulma, cabang-cabang dan buah terserang berat dan memusnahkannya.
  3. Pengendalian biologi, dengan memanfaatkan musuh alami, diantaranya yaitu predator Scymnus apiciflavus Mits., S. roepkei DeFl., Brumus saturalis F., Coccinella repanda dan Cocodiplosis smithi De Mey, serta parasitoid Anagrus greeni How. dan Leptomastix trilongifasciatus Gir.
  4. Pengendalian kimiawi, dengan menggunakan pestisida selektif dan efektif sesuai rekomendasi, khususnya yang sistemik, bila buah terserang 5 %.

 

--------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

http://ditlin.hortikultura.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=107&Itemid=87


https://www.cabi.org/isc/datasheet/45082