A-Z Hama Tanaman

Phyiiocnistis Citerlla (Pengorok Daun Jeruk)

Serangga hama Phyiiocnistis citerlla (Lepidoptera: Gracillariidae) dikenal dengan pengorok daun jeruk atau citrus leafminer. Selain tanaman jeruk, hama pengorok daun jeruk ini memiliki tanaman inang lain, diantaranya yaitu anggur dan kemuning. Hama P. citerlla memilik empat fase dalam siklus hidupnya yaitu telur, larva, pupa, dan imago atau serangga dewasa. Telur diletakkan satu persatu pada daun yang masih sangat muda.

Larva yang keluar dari telur, langsung masuk ke dalam epidermis daun secara berkelok-kelok. Tiap larva hanya dapat menggorok pada sebilah daun saja. Larva berwarna hijau kekuningan dengan bentuk yang sangat pipih serta tidak bertungkai. Larva instar terakhir menggorok ke tepi daun dan menjadi pupa di pinggir daun. Pupa berwarna kecoklatan. Serangga dewasa berwarna putih.

Gejala

Serangan hama P. citerlla menyebabkan gejala kerusakan diantaranya yaitu pada daun yang masih muda dengan meninggalkan bekas seperti alur berkelok-kelok transparan. Daun menjadi keriput dan sering bergulung memanjang, dan serangan berat, daun menjadi kering dan kemudian gugur.

Penanganan dan Pencegahan

Salah satu strategi penanganan dan pencegahan untuk pengendalian serangga hama P. citerlla ini yaitu dapat dengan konservasi parasitoid larva seperti Aegeniaspis sp., Cirospelus sp., dan Trichogramma sp.. Selain itu, secara mekanis, pengendalian dapat dilakukan dengan pemetikan daun yang terserang apabila serangannya belum tinggi dan terus di bakar.

 

--------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


http://entnemdept.ufl.edu/creatures/citrus/citrus_leafminer.htm


https://en.wikipedia.org/wiki/Phyllocnistis_citrella