A-Z Hama Tanaman

Phthorimaea Operculella

Serangga Phthorimaea operculella (Zell.) (Lepidoptera: Gelechiidae) dikenal juga sebagai hama pada tanaman kentang (Gambar 1). Hama P. operculella yang berasal dari Amerika Serikat ini, selain menyerang tanaman kentang, juga menyerang jenis tanaman budidaya lainnya, seperti tanaman tomat, terong, dan tembakau.

Siklus hidup serangga hama P. operculella ini terdiri dari empat stadia, yaitu telur, larva (ulat), pupa (kepompong), dan imago (serangga dewasa). Kerusakan yang disebabkan oleh hama ini bisa mencapai 100% di lapangan dan 90% di gudang penyimpanan.

Gejala

Gejala serangan hama P. operculella yang mudah diamati yaitu pada daun tanaman kentang, berupa korokan pada daun, daun berwarna merah tua, dan ada benang yang membungkus ulat kecil berwarna kelabu, serta biasanya daun kentang akan menggulung akibat ulat (larva) yang merusak permukaan daun atas (Gambar 2).

Gejala serangan hama P. operculella pada umbi kentang berupa gerekan pada umbi, terutama yang tersembul ke permukaan tanah. Serangan juga terjadi di tempat penyimpanan, untuk tujuan pembenihan.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa cara penanganan hama P. opercullella ini yaitu:

  1. sanitasi tempat penyimpanan
  2. menggunakan hanya umbi bibit yang sehat untuk penanaman.
  3. Melakukan pembumbunan tanah secara reguler
  4. Penggunaan insektisida yang efektif dan diizinkan oleh Komisi Pestisida yaitu jika level serangan sudah melewati ambang batas (lebih dari 20 larva yang mengorok daun per 10 tanaman contoh)
  5. Penggunaan feromon seks, yang berfungsi untuk mengurangi tingkat perkawinan antar serangga dewasa jantan dan betina hama ini.

 

-------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


Maulana S. Pengendalian Hama Tanaman Umbi Kentang (Phthorimaea opeculella Zell.) Menggunakan Feromon Seks/ http://www.academia.edu/9254921/-PENGENDALIAN_HAMA_TANAMAN_UMBI_KENTANG_Phthorimaea_operculella_Zell._MENGGUNAKAN_FEROMON_SEKS


Susanto, A. dan A. D. Permana. 2004. Identifikasi, Uji Laboratorium dan Lapanganterhadap Peromon Seks Penggerek Umbi Kentang Phthorimae operculella


Zell.(Lepidoptera: Gelechiidae) Asal Indonesia. Jurusan Biologi ITB, Bandun