A-Z Hama Tanaman

Pentalonia Nigronervosa (Kutu Daun)

Serangga Pentalonia nigronervosa (Hemiptera: Aphididae) merupakan organisme pengganggu tanaman yang menjadi vektor virus pada tanaman pisang. Kutu daun ini berukuran kecil dengan warna coklat kemerahan hampir hitam, berbentuk oval hidup di pangkal permukaan bawah daun tua dari inangnya.

Kutu daun P. nigronervosa berperan sebagai vektor, berupa penularan melalui kutu daun terjadi secara persisten dan sirkulatif. Kutu daun dapat pindah dari tanaman terinfeksi virus. Namun, menyebabkan tanaman pisang menjadi kerdil. Kutu daun dapat mempertahankan kemampuan infeksinya sekurang-kurangnya selama 48 jam.

Gejala

Gejala serangan diawali dari serangga P. nigronervosa yang menjadi vektor virus kerdil pisang atau atau Banana Bunchy Top Virus (BBTV) bervariasi dan timbul pada bermacam-macam umur tanaman. Pada pangkal daun kedua atau ketiga, apabila dilihat permukaan bawahnya dengan cahaya tembus, akan tampak adanya garis-garis hijau tua sempit yang terputus-putus.

Pada punggung tangkai daun sering terdapat garir-garis hijau tua. Kadang-kadang tulang daun menjadi jernih sebagai gejala pertama terjadinya infeksi. Selain itu, dapat ditengarai dengan adanya daun muda yang lebih tegak, pendek, sempit dengan tangkai yang lebih pendek dari biasanya, menguning sepanjang tepinya, dan mengering. Daun menjadi rapuh dan mudah patah. Tanaman terhambat pertumbuhannya dan daun-daun membentuk roset pada ujung batang palsu.

Penanganan dan Pencegahan

Berbagai strategi pengendalian serangan serangga vektor virus P. nigronervosa ini yaitu:

  1. Secara Kultur Teknis, berupa menanam bibit dari rumpun yang sehat.
  2. Sanitasi/Eradikasi, berupa sanitasi kebun dengan membersihkan tanaman inang, pembongkaran rumpun sakit, lalu dipotong kecil-kecil agar tidak ada tunas yang dapat hidup.
  3. Secara kimiawi, berupa pengendalian vector dengan insektisida sistemik, terutama di pembibitan/pesemaian.

 

--------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

http://ditlin.hortikultura.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=131&Itemid=107


https://www.cabi.org/isc/datasheet/39598


Sinaga JCH. 2014. IDENTIFIKASI KUTUDAUN (HEMIPTERA: APHIDIDAE) PADA TANAMAN BUAH DI BOGOR. Skripsi, IPB Press.