A-Z Hama Tanaman

Penggerek Batang Padi Kuning (PBPK)

Penggerek batang padi kuning (PBPK), Scirpophaga incertulas (Walker) (Lepidoptera: Crambidae) (Gambar 1), merupakan salah satu jenis serangga ngengat yang menjadi hama utama tanaman padi di Indonesia. Kerusakan tanaman padi disebabkan oleh aktivitas larva hama PBPK di dalam batang padi. Di beberapa daerah di Pulau Jawa, larva hama PBPK dapat menyebabkan kerusakan hingga 95% dari luas arael tanaman padi (lebih dari 300 000 ha).

Larva hama PBPK merusak tanaman padi pada semua fase pertumbuhan (fase anakan/vegetatif sampai fase pematangan/generatif). Dua gejala kerusakan tanaman padi yang disebabkan oleh larva hama PBPK, yaitu

  • gejala sundep pada fase vegetatif, dan
  • gejala beluk pada fase generatif.

Gejala

Gejala sundep (deadheart symptom) ditengarai oleh titik tumbuh tanaman padi atau anakan padi menjadi kerdil dan mati pada fase vegetatif. Gejala beluk (whitehead symptom) ditengarai dengan pangkal malai tanaman padi yang dikerat oleh larva serangga hama ini. Aktivitas larva hama PBPK pada fase generatif menyebabkan pangkal malai berwarna putih dan mati, mengakibatkan bulir padi menjadi hampa.

Penanganan dan Pencegahan

Pemantauan terhadap serangan hama PBPK yang merusak tanaman padi perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat serangan serangga hama tersebut. Tingkat serangan hama PBPK termasuk dibawah ambang ekomoni apabila 1 anakan padi mengalami kerusakan per 10 rumpun padi atau 1 kelompok telur per 1 m2. Dari data hasil pemantauan hama PBPK tersebut diputuskan pemilihan pengendalian yang efektif.

Pengendalian yang aman untuk serangga ini dapat dilakukan dengan penggunaan perangkap feromon seks atau pengambilan kelompok telur hama PBPK secara manual. Selain itu, bisa juga dengan menangkap ngengat menggunakan bantuan perangkap lampu (light trap).

Pengendalian hama BPK dapat dengan mengatur pola tanam, tanam serempak untuk membatasi sumber makanan bagi hama. Selain itu, pemanfaatan musuh alami hama PBPK, seperti parasitoid, juga dapat dilakukan sejak awal pertanaman padi. Pengendalian lainnya hama PBPK ini, yaitu membersihkan kumpulan telur hama ini dari daun tanaman padi pada fase anakan di lapangan.

 

-------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Pathak MD, Khan ZR. 1994. Insect Pest of Rice. Los Banos: International Rice Research Institute


http://www.litbang.pertanian.go.id/berita/one/2135/file/HAMA-PENGGEREK-BATANG-PADI.pdf


Sudjianto U. 2010. Pemantauan (monitoring) hama penggerek batang padi/sundep. Mawas

 
Hattori I, Siwi SS. 1986. Rice stemborers in Indonesia. JARQ 20: 25-30.