A-Z Hama Tanaman

Parmarion sp (Siput Setengah Telanjang)

Siput Parmarion sp. (Mollusca: Gastopoda: Ariophantidae) menjadi salah satu jenis organisme pengganggu tanaman (OPT) atau hama pada tanaman anggrek. Hama siput ini dikenal juga dengan istilah siput setengah telanjang.

Pada siang hari siput bersembunyi di tempat yang teduh, dan aktif mencari makan pada malam hari. Siput dewasa berukuran 10 - 12 mm, diameter 14 - 18 mm dengan 5 - 6 alur-alur lingkaran, solid, buram, berwarna cokelat kemerahan, atau hijau kekuningan, kadang-kadang mempunyai strip cokelat kemerahan sekeliling bagian luarnya. Selain tananman anggrek, siput ini juga memiliki tanaman inang lain, diantaranya yaitu kol, sawi, tomat, kentang, karet, tembakau, dan ubi jalar.

Gejala

Gejala serangan dari siput Parmarion sp., yaitu pada tanaman yang diserang terlihta daun tanaman berlubang tidak beraturan dan sering ditandai adanya kotoran bekas lendir yang mengkilat. Siput Parmarion sp. juga menyerang akar dan anakan, serta memakan bahan organik yang telah membusuk.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa cara penanganan dan pencegahan serangan hama ini diantaranya sebagai berikut:

  1. Secara fisik, dengan melakukan strelisasi media tumbuh, seperti melakukan uap panas agar tanaman bebas dari organisme pengganggu tanaman (OPT) yang dapat ditularkan melalui media tumbuh.
  2. Secara kultur teknis, pemeliharaan tanaman secara optimal, pemupukan berimbang, sanitasi lingkungan kebun.
  3. Aplikasi pestisida nabati dan pestisida kimiawi secara bijak.

 

--------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Karyatiningsih R, Ramadhani S, Desmawati, Sianturi DA, Utami LS, Haryati, Wiyono S, Hanudin. 2008. Buku Saku, ISBN 978-979-3147-30-7. Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) tanaman anggrek dan krisan. Direktorat Jenderal (Dirjen) Hortiklultura, Dirjen Perlindungan Tanaman Hortikultura, Jakarta, 62 hal.


Hanudin, Djatnika I. 2012. Inovasi Teknologi Pengendalian Hama/Penyakit Utama Mendukung Peningkatan Produktivitas dan Kualitas Anggrek yang Berdaya Saing Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Anggrek.


http://ditlin.hortikultura.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=185&Itemid=179