A-Z Hama Tanaman

Papilio Memnon (Kupu-kupu Pastur)

Kupu-kupu Papilio memnon (Lepidoptera: Pappilionidae ) merupakan salah satu jenis serangga yang dikenal dengan istilah kupu-kupu pastur. Wilayah distribusi dari kupu-kupu pastur ini yaitu di Jawa dan Sumba. Larva atau ulat dari kupu-kupu P. memnon ini yang menjadi hama karena larva atau ulat dari serangga ini memakan daun yang berasal dari spesies jeruk, khususnya pomelo (Citrus grandis) dan jeruk nipis (Citrus aurantifolia) yang secara luas dikembangkan diseluruh Asia.

Selain tanaman jeruk, tanaman inang dari kupu-kupu P. memnon ini adalah Clausena exavata, Evodia latifolia, Gyosmis pentophylla.

Gejala

Hama larva atau ulat dari kupu-kupu P. memnon menyerang bagian-bagian pucuk tanaman dan daun-daun yang masih muda. Gejala serangan dari larva atau ulat dari kupu-kupu P. memnon yang dapat diamati yaitu daun jeruk tampak robek dengan pinggiran daun tidak rata karena dimakan larva tersebut. Serangan berat dari hama ulat ini akan menyebabkan daun jeruk habis dan tanaman gundul.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa strategi yang diketahui ampuh dalam pengendalian serangan harna ulat P. memnon ini dilakukan dengan pengumpulan telur, larva atau ulat, kepompong lalu memusnahkannya. Selain itu, melakukan pemangkasan cabang dan mengurangi daun-daun tua secara berkala dan teratur.

Pengendalian secara kimiawi dapat di lakukan dengan penyemprotan pestisida berbahan aktif diazinon atau karbaril terutama pada tanaman jeruk yang masih muda. Selain itu, penyemprotan Gandasil D untuk menambah kekuatan daun-daun dapat dilakukan minimal satu bulan sekali, tanpa mengurangi konsentrasi yang sudah ditentukan.

 

--------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Kupu-kupu_pastur


http://insecta.pro/taxonomy/15079


Aak. 1994. Budidaya Tanaman Jeruk. Kanisius: Yogyakarta