A-Z Hama Tanaman

Oidium tingitanium Carter (Embun Tepung)

Penyakit embun tepung yang menyerang tanaman jeruk umumnya disebabkan oleh patogen jamur Oidium tingitanium Carter., berupa kumpulan tepung putih pada bagian atas daun, tunas dan buah muda. Kumpulan tepung putih tersebut adalah masa konidia dari jamur O.tingitanium, karena itu serangan patogen jamur ini dikenal dengan istilah penyakit embun tepung.

Penyakit embun tepung akan sering muncul pada saat musim pertunasan dari tanaman jeruk. Selain itu pada musim kemarau yang lembab, apabila varietas yang ditanam rentan, maka akan mudah ditemukannya sumber patogen di sekitar kebun. Hal tersebut akan memicu perkecambahan dari konidia jamur pada bagian atas permukaan daun.

Gejala

Gejala yang ditimbulkan akibat serangan patogen jamur O.tingitanium yaitu berupa adanya lapisan tepung putih pada bagian atas daun. Hal tersebut mengakibatkan daun menjadi kering atau dikenal dengan istilah malformasi. Selain itu, gejala burik kekusaman pada bagian buah tanaman jeruk juga akan ditemukan, yang mengakibatkan kualitas buah menjadi bernilai rendah.

Penanganan dan Pencegahan

Untuk menangani dan mencegah penyakit embun tepung, cara paling efektif dapat menggunakan bahan aktif Siprokonazol. Hal tersebut dilakukan pada saat muncul tunas pada tanaman jeruk, kemudian perlakuan tersebut dilakukan pengulangan saat daun muda. Selain itu, hasil filtrat daun nimba berupa senyawa Azadirachtin, diketahui dapat merusak membran sel jamur O. Tingitanium, yang dapat mengganggu dan menghambat metabolisme dan pertumbuhan sel dari patogen jamur tersebut.

Secara mekanis, penanganan dan pencegahan serangan yang parah dari penyakit embun tepung pada tanaman jeruk, dapat dilakukan dengan memangkas tunas muda, kemudian dimasukkan kantong plastik untuk mengurangi penyebaran konidia di kebun.

 

------------------------------------------ 

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Fariya EIR, Sastrahidayat S, Djauhari A, Triwiratno. 2005. Pengendalian penyakit embun tepung (Oidium tingitanium Carter) pada tanaman jeruk manis menggunakan fungisida. Skripsi. Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya Malang.

 

Sastrahidayat IR. 2010 Fitopatologi (Ilmu Penyakit Tumbuhan). Universitas Brawijaya Malang.