A-Z Hama Tanaman

Nymphula Depunctalis (Hama Putih)

Hama putih atau pengorok daun Nymphula depunctalis merupakan salah satu organisme pengganggu tanaman (OPT) yang merusak tanaman padi di sawah, mulai fase vegetative di persemaian sampai tanaman padi berumur sekitar satu bulan. Hama putih ini memiliki bentuk yang menyerupai kupu-kupu atau ngengat dengan warna putih dan terdapat bulu-buku halus diseluruh tubuhnya.

Keberadaan hama ini diketahui menyebabkan kerugian secara kualitatif dan kuantitatif. Hama putih ini merusak dengan cara mengkrok daun padi sehingga berubah menjadi bercak berwarna putih yang membuat daun hanya tinggal kerangkanya saja. Hama pengorok daun atau hama putih ini bersifat semi akuatik, artinya hama ini hidup bergantung pada air untuk bernapas. Selain itu, diketahui bahwa hama ini merupakan hama sekunder pada tanaman padi.

Gejala

Gejala serangan hama putih N. depunctalis ini dapat terlihat padi permukaan bawah daun berupa garis memanjang berwarna daun. Hal tersebut disebabkan oleh aktivitas mengorok yang dilakukan oleh hama ini. Selain itu, kerusakan pada daun yang paling khas, yaitu daun terpotong seperti digunting. Daun yang terpotong akan digunakan oleh hama tersebut untuk dibuat seperti gulungan yang digunakan larva untuk membungkus dirinya dengan benang-benang sutra.

Kemudian, larva yang terbungkus gulungan tersebut akan menjatuhkan diri ke air, yang akan mengapung di atas permukaan air pada siang hari dan makan pada malam hari. Untuk bernafas, larva akan memanjat batang tanaman padi dengan membawa gulungan daunnya.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa cara pengendalian yang bisa dilakukan terhadap hama putih N. depunctalis, yaitu:

  1. Sawah dikeringkan selama satu minggu agar larva tidak dapat memanfaatkan air sebagai sumber oksigen.
  2. Pelepasan musuh alami hama putih ini yaitu lalat Tabanidae dan semut Solenopsis gemitata.
  3. Penggunaan bibit sehat
  4. Menhancurkan tabung atau gulungan daun.

 

-------------------------------------- 
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Stela F. Pratiwi ,Noni Wanta , Caroulus Rante , Guntur Manengkey. 2014. Populasi Dan Intensitas Serangan Hama Putih (Nymphula depunctalis Guene) Pada Tanaman Padi Sawah Di Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/cocos/article/view/3735/3258

 

https://en.wikipedia.org/wiki/Nymphula&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp

 

http://www.knowledgebank.irri.org/training/fact-sheets/pest-management/insects/item/rice-caseworm

 

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.