A-Z Hama Tanaman

Nothopeus Hemipterus Oliv.

Serangga Nothopeus hemipterus Oliv. (Coleoptera; Cerambycidae) merupakan salah satu hama penting pada tanaman cengkeh. Hama N. hemipterus, mengganggu pertumbuhan tanaman cengkeh. Serangan ringan dapat merangsang terjadinya serangan serangga hama lainnya yang bersifat sekunder. Sedangkan, serangan berat dapat mematikan tanaman cengkeh.

Siklus hidup serangga hama N. hemipterus terdiri dari empat fase, yaitu telur, larva, pupa, dan imago (serangga dewasa). Fase larva dari hama ini adalah fase yang paling berbahaya, karena mampu merusak dengan cara menggerek batang tanaman cengkeh.

Selain tanaman cengkeh yang menjadi tanaman inang hama N. hemipterus, ada beberapa tanaman inang hama ini, diantaranya yaitu cengkeh, jambu bol, jamblang atau juwet, dan pohon salam.

Gejala

Beberapa gejala kerusakan akibat serangan penggerek batang pada tanaman cengkeh yaitu ditemukannya larva yang menggerek batang ke arah atas, sehingga dari lubang gerek akan keluar serbuk gerek yang basah dan berwarna kuning kecoklatan. Umumnya, diameter lubang gerek 3 – 5 mm dan diameter lubang keluar 10 – 20 mm. Jika serangan hama ini berat, akibat adanya liang-liang gerek ini tanaman menjadi lemah, tanaman cengkeh perlahan akan mati.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa cara penanganan dan pencegahan dari hama N. hemipterus ini diantaranya yaitu secara mekains berupa mencari telur dan memusnahkannya, serta menutup lubang masuk dan lubang ventilasi dengan pasak bambu.

Secara kimiawi, aplikasi insektisida pekat (konsentrat) dalam bentuk kapas yang dibasahi oleh insektisida ke dalam lubang gerek atau lubang ventilasi, dan menutup lubang tersebut dengan pasak bambu; insektisida yang dapat digunakan adalah yang bersifat sistemik.

 

-------------------------------------

Disusun  oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Rizal M. 2017. Pengendalian Terpadu Hama Penggerek Batang Cengkeh. Sirkuler Informasi Teknologi Tanaman Rempah dan Obat. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Kementrian Pertanian


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.