A-Z Hama Tanaman

Nezara Viridula (Kepik Hijau)

Serangga Nezara viridula (Hemiptera: Pentatomidae) atau dikenal dengan hama kepik hijau merupakan jenis hama yang menyerang beberapa jenis tanaman (Polifag). Selain tanaman kedelai, tanaman inang lainnya yaitu padi, kacang hijau, kacang panjang, kapas, dll. Saat tanaman mulai fase berbunga, biasanya hama kepik hijau mulai dating untuk menyerang tanaman. Hama ini merusak polong dan biji tanaman dengan cara menusuk dan menghisap cairan polong dan biji pada semua fase tanaman. Akibanya, terjadi penurunan hasil dan kualitas biji dari tanaman yang terserang.

Gejala

Gejala serangan hama kepik hijau pada tanaman yaitu pada bagian dalam kulit biji dan kulit polong terlihat bintik hitam atau coklat.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa pengendalian hama kepik hijau yang dapat direkomendasikan, yaitu:

  1. Sebelum waktu tanam, dilakukan sanitasi terhdap tanaman inang liar
  2. Melakukan pengamatan terutama pada tanaman perangkap, yang dilakukan pada umur tanaman 42, 49, 56, 63, dan 70 hari setelah tanam (HST). Pengamatan dilakukan terhadap keberadaan serangga dewasa, telur, dan nimfa.
  3. Aplikasi pestisida dilakukan apabila telah mencapai intensitas kerusakan lebih dari 2% dan hasil pengamatan ditemukan sepasang imago (jantan dan betina) pada 20 rumpun tanaman.

 

-------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kasumbogo Untung. 2010. Diktat Dasar-dasar Ilmu Hama Tanaman. Jurusan Hama dan Penyakit TumbuhanFakultas Pertanian UGM, Yogyakarta.


Pathak MD, Khan ZR. 1994. Insect Pest of Rice. Los Banos: International Rice Research Institute

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.

https://en.wikipedia.org/wiki/Nezara_viridula

http://sulsel.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi/panduan-petunjuk-teknis-brosur/133-teknologi-budidaya-kedelai-pada-lahan-sawah