A-Z Hama Tanaman

Nanophyes Shoreae (Pemangsa Buah dan Benih)

Serangga kumbang Nanophyes shoreae (Coleoptera, Apionidae) adalah jenis hama yang yang memangsa bagian dari tanaman seperti buah dan benih. Hama serangga kumbang ini menyebar dan menyerang pada jenis pohon diptocarp di hutan hujan Asia Tenggara. Salah satu jenis pohon yang diserang oleh hama ini yaitu, Shorea macroptera, sehingga sering menyebabkan gagal sebagian besar tanaman membentuk buahnya segera setelah bunga mekar. Sebagian besar buah yang diserang bukannya hanya akibat oviposisi (proses peletakan telur oleh hama betina), namun juga diakibatkan oleh rangsangan kimia.

Gejala

Hama kumbang N.shoreae bertelur, lalu telur tersebut menetas di buah atau benih tanaman. Selanjutnya, buah atau benih tanaman yang telah diserang akan digerek oleh larva. Akibatnya, buah atau benih rusak dan tidak bisa tumbuh normal.

Penanganan dan Pencegahan

Salah satu penanganan dan pencegahan yang bisa dilakukan untuk serangan hama kumbang N.shoreae yaitu pada proses awal, benih tanaman direndam selama 6 jam kedalam larutan insektisida, seperti Azodrin dengan konsentrasi 0,10%. Hal tersebut dilakukan sebelum benih disemaikan.

 

---------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi


http://www.forda-mof.org/files/Pengendalian_hama_pada_tanaman_HR--eritrina.pdf

 

https://www.cabi.org/ISC/abstract/19921163561

 

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.