A-Z Hama Tanaman

Mussidia Pectinicornella (Hama Penggerek Buah atau Ngengat Moncong)

Serangga ngenggat Mussidia pectinicornella Hampson (Lepidoptera: Pyralidae) merupakan jenis hama yang menyerang tanaman petai (Parkia speciosa). Selain itu, hama ini diketahui juga menyerang tanaman jengkol (Pithecellobium).

Serangga hama M. pectinicornella ini terdiri dari empat stadium yaitu telur, larva atau ulat, pupa atau kepompong, dan imago atau ngengat dewasa. Stadium larva hama ini yang menyerang dan berkembang pada buah petai. Distribusi dari hama M. pectinicornella ini yaitu Asia selatan dan tenggara dari Bhutan ke Papua, di Australia dan Fiji, Taiwan, Jepang , Eropa selatan dan di Réunion.

Gejala

Gejala serangan dapat diamati dengan seksama pada permukaan buah petai, akan terlihat seperti lubang meskipun ukurannya kecil. Lubang tidak terlihat dari luar jika tidak diperhatikan dengan seksama karena ukuran lubangnya yang kecil. Apabila terlihat lubang tersebut, artinya buah petai telah diserang oleh larva hama ini. Larva atau ulat tersebut berasal dari telur yang diletakkan doleh imago ngengat betina dan menetas pada polong buah petai.

Jumlah telur berkisar 7-20 butir. Setelah menetas, kemudian ulat atau larva masuk ke dalam polong. Larva atau ulat membesar di dalam polong panjangnya sekitar 14 mm. Larva atau ulat yang telah membesar berwarna ungu suram. Umumnya hanya ada 1 ulat dalam 1 biji.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa strategi penanganan dan pencegahan dari serangan hama M. pectinicornella, yaitu:

  1. Untuk menurunkan populasi hama pada siklus berikutnya, cara pengendalian yang dapat dilakukan yaitu tanah di bawah tajuk pohon dibersihkan dan diusahakan agar tidak digunakan sebagai tempat berkepompong salah satu cara dengan memberikan mulsa jerami padi atau jenis mulsa lainnya.
  2. Buah yang telah busuk dibakar, sedangkan yang masih baik di pohon agar segera dipanen agar tidak dimanfaatkan oleh ngengat dewasa sebagai tempat untuk bertelur.  
  3. Pengendalian secara biologi, berupa penyemprotan buah dengan ekstrak tanaman dan minyak atsiri seperti minyak mimba (neem) 5%, minyak jarak (Jatropha curcas) 20% dan ekstrak Hyptis suaveolen 20%.
  4. Pemanfaat musuh alami seperti parasitoid Bracon , Sphaeripalpus sp. dan Eurytoma sp.

 

--------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

http://balitbu.litbang.pertanian.go.id/index.php/hasil-penelitian-mainmenu-46/1157-mussidia-pectinicornella-hamps-si-penggerek-buah-petai


http://www.opete.info/detail2.php?idh=367


Robinson, G.S., Tuck, K.R. & Shaffer, M. (1994). A field guide to the smaller moths of South-east Asia. Malaysian Nature Society and Natural History Museum, Kuala Lumpur and London, 309 pp.