A-Z Hama Tanaman

Meloidogyne sp. (Nematoda Puru Akar)

Salah satu tanaman penghasil serat nomor dua setelah kapas yakni tanaman kenaf (Hibiscus cannabinus), yang diketahui banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan industri seperi bahan komposit, geotekstil, karung goni, bahan baku pulp dan kertas, serta bahan baku interior mobil. Namun, kendala dalam produksi tanaman kenaf tersebut yaitu serangan hama nematode puru akar (Meloidogyne sp.). Serangan hama nematode tersebut sangat merugikan secara ekonomi, karena hama ini menyerang perakaran tanamn dan menyebabkan tanaman tumbuh menjadi kerdil hingga kematian.

Gejala

Gejala serangan hama nematode puru akar ini, diantaranya :

  1. Pada bagian tanaman di atas permukaan tanah terlihat gejala kerusakan seperti pertumbuhan yang kerdil, daun klorosis (menguning), daun-daun cepat layu dan banyak yang gugur, tumbuhan tampak gundul, kadang-kadang tinggal daun pucuk.
  2. Pada bagian tanaman di dalam tanah terlihat gejala kerusakan seperti ujung akar bercak berwarna coklat hitam, terutama pada infeksi populasi yang tinggi, terdapat kecenderungan pembentukan akar-akar cabang lebih sedikit daripada tumbuhan normal yaitu puru pada akar-akar utama.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa pengelolaan terhadap serangan hama nematode puru akar ini, yaitu:

  1. Melakukan rotasi tanaman dengan tanaman bukan inang, tumpang sari dengan tanaman sesuai
  2. Aplikasi agen hayati, mulai dari bakteri, jamur, aktinomisetes.
  3. Aplikasi nematisida: dilakukan di daerah endemik berupa perlakuan tanah dengan nematisida yang efektif jika dijumpai serangan sedang.

 

 ------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kasumbogo Untung. 2010. Diktat Dasar-dasar Ilmu Hama Tanaman. Jurusan Hama dan Penyakit TumbuhanFakultas Pertanian UGM, Yogyakarta.


Pathak MD, Khan ZR. 1994. Insect Pest of Rice. Los Banos: International Rice Research Institute


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


Titiek Yulianti. Pengendalian Hayati Nematoda Puru Akar Meloidogyne spp.