A-Z Hama Tanaman

Liriomyza huidobrensis Blanchard (Lalat Pengorok Daun)

Serangga lalat, Liriomyza huidobrensis (Blanchard) (Diptera: Agromyzidae) merupakan satu hama yang dapat menyerang beberapa tanaman sayuran. Hama ini merupakan pendatang baru di Indonesia. Serangga lalat pertama kali ditemukan menyerang tanaman kentang pada tahun 1994 di Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor. Hama serangga ini pertama kali ditemukan oleh dosen dan peneliti dari Departemen Proteksi Tanaman, Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Aunu Rauf, MSc.

Hama lalat pengorok daun ini menyerang berbagai jenis sayuran, seperti kentang, tomat, kubis, cabai, mentimun, kubis, brokoli, caisin, bit, bayam, salad, horenso, bawang daun, bawang merah, kacang merah, dan lain-lain. Krusakan yang disebabkan oleh L. huidobrensis sangat berat dengan kerugian ekonomis yang tinggi. Selain itu, ditemukan juga tanaman kentang yang terserang hama ini daunnya mengering akibat korokan larva.

Gejala

Gejala serangan hama ini yaitu dimulai sejak tanaman muncul dari permukaan tanah dan berlanjut hingga fase reproduksi. Pada daun tanaman yang terserang hama ini menunjukkan bintik-bintik putih akibat tusukan ovipositor (alat peletak telur pada lalat betina dewasa). Gejala lain serangan juga dapat dilihat berupa liang korokan larva yang berkelok-kelok.

Kondisi tanaman yang mengalami serangan berat dapat ditengarai dimana hampir seluruh helaian daun penuh oleh korokan, menjadi kering dan berwarna cokelat seperti terbakar. Umumnya, kerusakan karena korokan larva lebih merugikan dari pada kerusakan karena tusukan ovipositor. Namun, diketahui juga pada sayuran daun seperti horenso (sejenis sawi), gejala bintik-bintik putih akibat tusukan ovipositor sudah mampu menurunkan harga jual.

Penanganan dan Pencegahan

Strategi penanganan dan pencegahan pada hama lalat pengorok daun ini yaitu sebelum larva terlanjur masuk ke dalam pucuk segera disemprot lalatnya. Batang pucuk yang telah terlanjur diserang, dipotong dan dibakar.

 

-------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Ubaidillah R, Lasalle J, Rauf A. 2000. A new species of Zagrammosoma (Hymenoptera: Eulophidae) from the Indo-Australian Region, a Parasitoid of the invasive pest species Liriomyza huidobrensis (Diptera: Agromyzidae). Oriental Insects 34: 221-228


Herlinda S. 2004. Jenis Tumbuhan Inang, serta Populasi dan Kerusakan oleh Pengorok Daun, Liriomyza huidobrensis (Blanchard) pada Tanaman Kubis (Brassica oleracea L.). Jurnal Tanaman Tropika 7(1):59-68


Purnomo, Rauf A, Sosromarsono S, Santoso T. 2003. PARASITISME HEMIPTARSENUS VARICORNIS (GIRAULT) (HYMENOPTERA: EULOPHIDAE) TERHADAP LALAT PENGOROK DAUN LIRIOMYZA HUIDOBRENSIS (BLANCHARD) (DIPTERA: AGROMYZIDAE) PADA TANAMAN KACANG ENDUL (PHASEOLUS VULGARIS L.) DI CILOTO, JAWA BARAT. Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika 3 (1): 13-16