A-Z Hama Tanaman

Leptocorisa Oratorius F (Walang Sangit)

Walang Sangit atau Leptocorisa oratorius (Hemiptera: Coreidea) merupakan jenis serangga yang menjadi salah satu hama penting pada pertanaman padi di lahan rawa lebak. Umumnya, pertanaman padi yang diserang oleh hama ini yaitu tanaman padi yang telah berbunga. Serangan hama walang sangit mengakibatkan biji atau bulir menjadi tidak terisi, sehingga pertumbuhan menjadi kurang sempurna.

Gejala

Gejala tanaman padi yang terpapar hama walang sangit, diantaranya terlihat serangan imago walang sangit yang tinggi yang mengakibatkan kerusakan tinggi pada pertanaman padi. Diketahui kerusakan yang tinggi biasanya terjadi pada pertanaman padi yang ditanam pada lahan yang sebelumnya ditumbuhi oleh rumput-rumputan. Kerugian hasil sebesar 15% sampai 25% akan terjadi jika ada 5 -10 ekor hama walang sangit pada tiap 9 rumpun tanaman.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa cara penanganan dan pencegahan yang bisa dilakukan dan terbukti efektif dalam mengendalikan hama walang sangit pada pertanaman padi, diantaranya yaitu:

  1. Pemanfaatan perangkap berupa keong yang telah membusuk. Dengan cara tersebut, intensitas kerusakan hama walang sangit dapat ditekan dan terbukti lebih aman bagi lingkungan. Pemanfaatan perangkap keong busuk ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian hama walang sangit terhadap tanaman padi.
  2. Pengasapan dengan bahan galian batubara, yang telah terbukti dapat menekan intensitas kerusakan oleh hama walang sangit. Bahan galian batubara menunjukkan hasil yang cukup memuaskan, karena hasil bakaran bahan galian batubara dapat bertahan lama dan menghasilkan bau yang menusuk sehingga dapat mempengaruhi aktivitas dari hama walang sangit.
  3. Penggunaan pestisida nabati merupakan salah satu jenis pengendalian yang sangat dianjurkan karena tidak ada residu yang ditimbulkan pada tanaman. Daun Mimba dan daun Tembakau merupakan 2 jenis pestisida nabati yang diketahui dapat digunakan untuk mengendalikan hama walang sangit.

 

--------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Qomarodin. 2006. Pengendalian Walang Sangit Leptocorisa oratorius F) Ramah Lingkungan di Tingkat Petani di Lahan Rawa Lebak. Pusat Peneliti dan Peneg bangan Peternakan.


Domingo IT Heinrichs EA, Medrano FG. 1982. Life history of rice bug Leptocorisa oratorius F. IRRN No. 6 IRRI, Los Banos, Philippines.


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.