A-Z Hama Tanaman

Lamprosema Indicata (Ulat Penggulung Daun)

Ulat penggulung daun atau Lamprosema indicate (Lepidoptera: Pyralidae) diketahui menjadi salah satu hama pada tanaman kedelai, yang juga dapat menyebabkan kegagalan panen dengan kehilangan hasil mencapai 80%. Hama ulat ini merekatkan daun yang satu dengan yang lainnya dari sisi bagian dalam untuk membentuk gulungan daun. Hama ulat ini membentuk gulungan daun karena ada zat perekat yang dihasilkan oleh hama itu sendiri. Aktivitas ulat daun di dalam gulungan daun tersebut yakni memakan daun hingga menyisakan tulang daunnya.

Gejala

Beberapa gejala serangan hama ulat penggulung daun ini yaitu:

  1. Hama ulat merusak tanaman kedelai berumur 3-4 minggu setelah tanam.
  2. Ditemukannya daun-daun yang tergulung menjadi satu dan jika gulungan daun dibuka maka akan ditemukan ulat ataupun kotoron ulat yang berwarna hitam kecoklatan.
  3. Ulat akan samapai pada stadia kepompong di dalam gulungan daun, sehingga tak jarang pada saat gulungan daun dibuka akan ditemukan kepompong.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa pengendalian hama ulat penggulung daun ini, yang dapat dilakukan diantaranya yaitu:

  1. Melakukan tanam serempak dengan selisih waktu kurang dari 10 hari
  2. Melakukan rotasi tanaman
  3. Secara bilogis, penggunaan cendawan entomopatogen Lecanicillium lecanii, yang mampu menginfeksi telur, nimfa, dan kepik coklat hama ini dengan tingkat kematian mencapai 50%.
  4. Aplikasi pestisida apabila populasi mencapai ambang kendali. Beberapa rekomendasi pestisida diantaranya yaitu: klorfluazuron, betasiflutrin, sipermetrin, alfametrin, carbosulfan, sihalotrin dan sipermetrin.

 

----------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi


Kasumbogo Untung. 2010. Diktat Dasar-dasar Ilmu Hama Tanaman. Jurusan Hama dan Penyakit TumbuhanFakultas Pertanian UGM, Yogyakarta.


Pathak MD, Khan ZR. 1994. Insect Pest of Rice. Los Banos: International Rice Research Institute


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


http://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/2094/