A-Z Hama Tanaman

Idiocerus Niveosparsus (Wereng Mangga)

Hama wereng mangga, Idiocerus Niveosparsus (Hemiptera: Jassidae) merupakan salah satu jenis hama yang menyerang tanaman mangga. Serangga hama wereng ini memiliki siklus hidup yang terdiri dari telur, nimfa, dan imago atau serangga dewasa. Stadium yang paling merusak pada tanaman mangga adalah stadium nimfa dan imago. Pada kedua stadium ini, wereng mangga merusak tanaman dengan cara menghisap cairan sel daun muda, pucuk, dan bunga sehingga menyebabkan tanaman layu, kering, dan terjadi gugur bunga. Akibatnya buah dan daun mudah rontok.

Hama ini muncul pada saat peralihan musim kemarau ke musim hujan dan umumnya menyerang pertanaman mangga yang sudah berproduksi. Populasi hama ini bisa mencapai 200 ekor per tandan bunga. Pada daun di bawah tandan bunga terdapat embun jelaga berwarna hitam akibat sekresi wereng dewasa yang jatuh pada daun mangga.

Gejala

Gejala serangan hama wereng mangga dapat berupa kerusakan yang terjadi pada bunga karena tertutup oleh lapisan penutup telur. Nimfa dan serangga dewasa menghisap cairan sel daun-daun muda atau pucuk dan tangkai bunga, sehingga bagian tersebut layu, mengering lalu gugur.

Hama wereng mangga memproduksi embun madu, apabila berlebihan maka akan mengganggu pertumbuhan bibit mangga. Bahkan dapat mematikan bibit karena diikuti tumbuhnya embun jelaga.

Penanganan dan Pencegahan

  1. Memanfaatkan parasitoid telur Cendradora sp. (dapat memarasit sampai 40 %), Oligosita sp., dan Neobrachista java Gir.
  2. Memotong dan memusnahkan bagian tanaman yang terserang
  3. Aplikasi pestisida efektif apabila dijumpai 5 ekor wereng pada saat pembungaan dan pembentukan buah.

 

------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

http://ditlin.hortikultura.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=116:wereng-mangga&catid=31:mangga&Itemid=99

 

Triplehorn AC, Johnson NF. 2005. Borror an Delong’s: Introduction to the Study of Insect. Ed. ke-7. Thomson Learning, Inc.

 

Baswarsiati, Yuniarti. 2007. Karakter Morfologis dan Beberapa Keunggulan Mangga Podang Urang (Mangifera indica L.). Buletin Plasma Nutfah 13 (2): 62-69