A-Z Hama Tanaman

Heteropsylla Cubana (Kutu Loncat Lamtoro)

Jenis serangga Heteropsylla cubana (Hemiptera: Psyllidae) merupakan salah jenis hama utama pada tanaman lamtoro. Hama ini dikenal juga dengan nama hama kutu loncat, yang biasanya menyerang lamtoro pada bagian tangkai, kuncup daun, tunas dan daun muda sehingga dapat menghambat pertumbuhan lamtoro. Tanaman lamtoro itu sendiri merupakan salah satu tanaman yang multifungsi baik sebagai tanaman peneduh atau sebagai pakan ternak.

Hama kutu loncat, H. cubana, menjadi hama penting bagi tanaman lamtoro di perkebunan sejak pertengahan tahun1980-an di Cuba. Pada tahun 1986, hama kutu loncat ini diketahui mulai menyerang tanaman lamtoro di Indonesia dan beberapa negara-negara tegangga. Di Indonesia hama kutu loncat lamtoro ini mulai popular ketika serangan hama ini merusak sebagian besar tanaman lamtoro yang ditanam sebagai penaung pada perkebunan kopi dan cokelat.

Gejala

Gejala serangan dari hama kutu loncat, H. cubana, yaitu terlihat pada tunas tanaman lamtoro akan menjadi keriting. Akibatnya pertumbuhan tanaman lamtoro menjadi terhambat dan mati.

Penanganan dan Pencegahan

Strategi penanganan dan pencegahan dari serangan hama kutu loncat H. cubana secara alami dapat dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan musuh alaminya sebagai predator. Di Indonesia sendiri pemerintah telah membentuk Tim Kerja Nasional Penanggulangan Hama Kutu Loncat Lamtoro (TKN-PHKLL) yaitu penjabaran sistem pengendalian hama terpadu.

Komponen-komponen pengendalian ini yaitu dengan menggunakan predator yang dipadukan dengan pestisida. Pengendalian dengan menggunakan predator Curinus coeruleus Muslant (kumpang pemangsa ) dan Olla abdominalis Say yang didatangkan dari Hawai.

 

--------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Nuraeni Y. 2015. HAMA UTAMA TANAMAN LAMTORO (Leucaena leucocephala (Lam.) de Wit) DAN ASPEK PENGENDALIANNYA. Galam 1(2): 13-17


Yasin N. 2006. PERKEMBANGAN HIDUP DAN DAYA MEMANGSA CURINUS COERULEUS MULSANT PADA BEBERAPA KUTU TANAMAN. Jurnal HPT Tropika 6(2): 79-86


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.