A-Z Hama Tanaman

Helicoverpa armigera

Serangga Helicoverpa armigera Hbn. (Lepidoptera: Noctuidae) merupakan salah satu jenis serangga dari kelompok ngenggat, yang menjadi hama pada tanaman jagung, sorgum, kapas, jarak, kacang-kacangan, tanaman sayuran, tembakau, dan tanaman hias. Siklus hidup serangga terdiri dari empat fase yaitu telur, larva (ulat), pupa, dan imago (serangga ngengat dewasa). Ngengat hama ini memiliki kemampuan untuk menyebar jauh mengikuti atau melawan arah angin, yang bertujuan untuk bereproduksi. Larva atau ulat ngengat hama ini dikenal juga sebagai hama penggerek.

Jenis ngnegat hama H. armigera merupakan jenis serangga yang bersifat kosmopolitan atau dapat ditemukan dimana-mana, selama tersedianya tanaman inang. Hama H. Armigera terdistribusi luas di Eropa (utara, tengah dan selatan), Asia, Afrika, Australia, dan kawasan Pasifik, serta Brazil.

Gejala

Gejala serangan sangatlah mudah dikenali yaitu berupa gerekan pada buah, kuncup bunga (mawar, gladiol), dan pucuk (tembakau). Serangan pada tanaman kacang kedelai, akan mudah diamati gejala serangan beruapa bekas gigitan pada kulit polong kacang kedelai yang akan menyerupai lubang-lubang bundar.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa penanganan dan pencegahan yang bisa dilakukan terhadap serangan hama ngengat ini yaitu melakukan tanam serempak, penanaman tanaman perangkap (jagung-kapas atau jagung-tembakau), dan konservasi musuh alami: parasitoid telur, Trichogramma nana, parasitoid larva, Eriborus argentopilosa, cendawan patogen seperti Metarrhizium anisopliae. Namun, umumnya petani masih mengandalkan pestisida sintetik untuk pengendalian hama ngengat H. armigera ini.

Share

Referensi

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.
Triplehorn AC, Johnson NF. 2005. Borror an Delong’s: Introduction to the Study of Insect. Ed. ke-7. Thomson Learning, Inc.
Herlinda S. 2005. Bioekologi Helicoverpa armigera (Hübner) (Lepidoptera: Noctuidae) Pada Tanaman Tomat. Agria 2 (1):32-36
Baliadi Y & Tengkano W. Ulat Pemakan Polong Helicoverpa armigera Hubner: Biologi, Perubahan Status dan Pengendaliannya Pada Tanaman Kedelai. http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/bulpa/article/view/1733