A-Z Hama Tanaman

Etiella Zinckenella (Penggerek Polong Kedelai)

Etiella zinckenella (Tr.) (Lepidoptera: Pyralidae) atau Penggerek Polong Kedelai merupakan salah satu jenis hama yang menyebabkan kehilangan hasil paling tinggi (mencapai 80%). Apabila tingkat serangan lebih dari 80% dan tidak ada tindakan pengendaian, serangan tersebut dapat mengakibatkan puso.

Hama penggerek polong kedelai ini merupakan jenis hama yang menyerang polong kedelai pada saat stadia larva atau ulat. Tanaman inang dari hama ini selain kedelai adalah Crotalaria juncea, Cassia, Dolichos, Tephrosia, dan Vigna spp. Hama ini tersebar di banyak negara torpik dan subtropik, seperti Eropa Selatan dan Timur, Afrika, dan Asia. Di Indonesia, hama penggerek polong kedelai menyebar luas.

Gejala

Gejala serangan yang mudah diamati yaitu polong terserang menghitam, lubang gerek, dan larva dan kotorannya di dalam polong. Larva penggerek polong menyerang dengan cara membuat lubang gerekan pada polong lalu merusak biji dengan meninggalkan kotoran hasil gerekan.

Hama larva E. zinckenella lebih suka memakan biji muda. Biji tersebut digerek habis sama sekali atau hanya tersisa sedikit. Hal lainnya yang bisa dicermati adalah dalam satu polong jarang ditemukan lebih dari satu ekor larva. Larva lebih senang hidup sendiri dalam polong, jika terjadi dalam satu polong ada lebih dari satu maka akan terjadi kompetisi yang akhirnya larva yang lemah akan keluar dan pindah ke polong lain.

Serangan pada polong muda ini dapat mengakibatkan kerontokan polong. Sebaliknya, serangan pada polong tua dapat menurunkan kuantitas dan kualitas biji kedelai.

Penanganan dan Pencegahan

Strategi pengendalian hama E. zinckenella adalah sanitasi tanaman inang lain, tanam serempak dalam kurun waktu 10 hari, pergiliran tanaman inang, pemasangan lampu perangkap karena larva atau ulat hama ini menyukai cahaya, dan aplikasi pestisida apabila serangan hama ini sudah mencapai ambang kendali, yaitu jika ditemukan 2 ekor larva per rumun pada umur tanaman lebih dari 45 hari.

 

--------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Apriyanto D, Yoga OH, Mulyadi A. 2009. Penampilan Penggerek Polong Kedelai, Etiella zinckenella Treitschke (Lepidoptera: Pyralidae), dan Pemilihan Inang pada Kedelai dan Kacang Tanah. Jurnal Akta Agrosia 12 (1): 62-67


http://pangan.litbang.pertanian.go.id/berita-497-etiella-spp-hama-penggerek-polong-kedelai--dan-cara-pengendaliannya.html


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.