A-Z Hama Tanaman

Erionota thrax (Ulat Penggulung Daun)

Serangga Erionota thrax (Linn.) (Lepidoptera: Hesperidae) merupakan jenis hama yang dikenal dengan istilah penggulung daun pisang, karena tanaman inang dari hama ini spesifik pada kelompok tanaman pisang-pisangan. Serangga hama E. thrax ini memiliki empat fase dalam siklus hidupnya, yaitu telur, larva (ulat), pupa, dan imago (serangga dewasa).

Hama E. thrax ini menyebar di seluruh dunia, khusunya di kawasan Pasifik, Hawaii, dan Asia. Hama penggulung daun ini menjadi hama penting di kawasan Asia Tenggara, karena menyerang segala jenis tanaman pisang, mulai dari jenis tanaman pisang untuk konsumsi, bahan baku industri sampai jenis pisang hias.

Gejala

Beberapa gejala serangan dari hama penggulung daun pisang ini yang bisa diamati secara langsung. Daun pisang yang terserang oleh ulat umumnya terkoyak dan tergulung yang menyerupai tabung. Ketika daun tergulung tersebut dibuka akan ditemukan ulat. Selain itu, larva atau ulat yang masih muda memotong tepi daun secara miring. Jika terjadi serangan berat, daun pisang bisa sampai habis, maka hanya tersisa pelepah daun yang penuh dengan gulungan daun.

Penanganan dan Pencegahan

Secara mekanis, yaitu merobek-robek daun pisang, mengambil daun pisang yang tergulung untuk memusahkan ulat yang ada di dalamnya, dan memotong sebagian besar daun pada serangan berat.

Secara biologi, konservasi musuh alami dengan penggunaan parasitoid telur Ooencyrtus erionotae, Agiommatus sp., Anastatus sp, parasitoid larva, Apanteles erionotae (<10% parasitasi), parasitoid pupa Brachymeria sp. dan Xanthopimpla sp.

Penggunaan pestisida hayati dari berbagai jenis mikroba atau bakteri dan juga penggunaan pestisida nabati dari ekstrak tumbuh, dapat menjadi alternatif dalam penanganan dan pencegahan hama penggulung daun pisang ini.

Aplikasi secara kimiawai juga bisa dilakukan sebagai alternatif terakhir, apabila terjadi ledakan hama ini, maka dapat menggunakan insektisida berbahan aktif imidakloprid seperti Confidor 200 SL, organofosfat seperti Dursban 20 EC, pinetroid seperti Bomber 20 EC, Alika 247 ZC, dan Ampligo 150 ZC.

Share

Referensi

Triplehorn AC, Johnson NF. 2005. Borror an Delong’s: Introduction to the Study of Insect. Ed. ke-7. Thomson Learning, Inc.

Sutiyoso, Y., Widodo. 2010. Hama dan Penyakit Tanaman. Depok: PT Trubus Swadaya

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.