A-Z Hama Tanaman

Diaphorina citri Kuw (Kutu Loncat)

Serangga kutu Diaphorina citri (Hemiptera: Liviidae) atau lebih dikenal sebagai kutu loncat merupakan salah satu jenis serangga yang menjadi hama penting pada tanaman jeruk, karena keberadaan hama ini juga berperan sebagai vektor penyakit CVPD.

Hama kutu loncat jeruk menyerang kuncup daun, tunas, dan daun-daun muda. Selain tanaman jeruk, tanaman inang lain dari hama ini yaitu, Kemuning (Rutaceae) dan Tapak Dara. Dalam satu tahun, hama kutu loncat jeruk mampu menghasilkan 9-10 generasi.

Diketahui, jika populasi hama ini di lapangan tinggi, ditemukan tanda hasil sekresi berwarna putih transparan yang berbentuk spiral disekitar tunas atau daun.  Serangga D.citri, selain menjadi hama, juga dapat menularkan organisme Liberobacter asiatium yakni patogen dari Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD) atau saat ini secara Internasional dikenal sebagai Citrus Huang Lung Bin.

Gejala

Gejala serangan hama kutu loncat, D.citri, yaitu daun jeruk menjadi berkerut-kerut, menggulung atau kering, dan pertumbuhannya menjadi terhambat serta tidak sempurna. Gejala serangan lainnya yaitu hasil sekresi alau kotorannya berupa benang yang berwarna putih dan bentuknya menyerupai spiral.

Jika terjadi serangannya berat hama kutu loncat ini, maka bagian tanaman yang terserang menjadi layu, kering dan kemudian mati. Jika hama ini menyerang satu tanaman dengan merata, maka penumbuhan bunga menjadi terhambat dan produksi akan berkurang.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa strategi pengendalian yang bisa dilakukan untuk menangani dan mencegah serangan hama D.citri ini yaitu pengendalian secara bercocok tanam/kultur teknis, meliputi cara-cara yang mengarah pada budidaya tanaman sehat; pemanfaatan musuh alami parasitoid (Tamarixia radiata), predator (Curinus coerulus ) dan patogen (Metarrhizium sp.); dan aplikasi pestisida selektif dan efektif sesuai rekomendasi pada saat tanaman bertunas.

 

--------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

http://ditlin.hortikultura.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=112&Itemid=82


https://articles.extension.org/pages/29001/asian-citrus-psyllid-diaphorina-citri


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


Endarto O, Wuryantini S, Yunimar. 2014. Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/pengenalan-dan-pengendalian-hama-kutu-loncat-jeruk-cvpd/