A-Z Hama Tanaman

Dasynus Piperis (Kepik Buah Lada, Semunjung, Bilahu)

Serangga Dasynus piperis Chn. (Hemiptera: Coreidae) merupakan jenis hama yang menyerang dengan cara menghisap buah lada. Nama umum dari hama ini yaitu Kepik Buah Lada atau Semunjung atau Bilahu.

Hama kepik ini memakan buah lada yang cukup tua (berumur lebih dari 4,5 bulan) pada saat buah mulai matang susu, karena mengandung karbohidrat lebih tinggi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kepik secara optimal.

Hama kepik buah lada ini endemik di Sumatera, Bangka, Belitung, Kalimantan, dan Malaysia. Hama pengisap buah lada, hanya mempunyai inang tanaman lada, namun di Malaysia juga ditemukan pada tanaman jeruk. Selain itu, hama ini juga ditemukan pada tanaman cabai di Pulau Jawa.

Gejala

Serangga hama kepik ini memakan buah lada dengan cara menusukkan stiletnya dan mengisap cairan buah sehingga buah kosong dan rusak. Kepik mengambil cairan dari berbagai bagian tanaman, antara lain buah, bunga, pucuk muda dan tangkai daun.

Namun, yang paling disukai adalah buah. Buah yang terserang menjadi hitam dengan gejala bercak-bercak bekas lubang tusukan. Buah terserang akhirnya gugur. Serangan pada buah muda mengakibatkan untaian buah gugur sebelum tua. Jika buah yang diserang sudah tua mengakibatkan buah menjadi kering.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa cara untuk pengendalian hama kepik pengisap buah lada ini yaitu:

  1. Penyeragaman periode pemetikan buah.
  2. Menanam varietas yang jumlah buah antar musim sedikit.
  3. Pendayagunaan musuh alami (melalui konservasi atau inundasi), yaitu parasit telur: (a) Gryon dasyni (Nix.) (Hymenoptera: Scelionidae), (b) Anastatus dasyni Ferr. (Hymenoptera: Eupelmidae), dan (c)
  4. Ooencyrtus malayensis Ferr. (Hymenoptera: Encyrtidae). Tingkat parasitasi oleh ketiga jenis parasoitoid ini di lapangan dapat mencapai 90%.

 

-------------------------------------- 

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Laba IW, Trisawa LM. 2006. Pengelolaan Ekosistem Untuk Pengendalian Hama Lada. Perspektif 5 (2): 86-97.


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.