A-Z Hama Tanaman

Crocidolomia Pavonana (Ulat Krop Kubis)

Crocidolomia pavonana (Lepidoptera: Pyralidae) atau Ulat Krop Kubis adalah serangga ngengat yang diketahui menjadi hama penting pada tanaman kubis dan sejenisnya. Hama C. pavonana akan menyerang dan memakan bagian krop dan titik tumbuh. Akibatnya tanaman tidak mampu membentuk krop yang merupakan bagian yang dipanen. Serangan hama C. pavonana tersebut dapat menimbulkan kerugian sampai 100% pada musim kemarau. Artinya kerusakan yang disebabkan oleh hama tersebut dapat menghambat upaya peningkatan produksi sayuran kubis-kubisan.

Ngengat ini ditemukan di Afrika dan Asia, dengan daerah sebarannya yaitu Afrika Selatan melalui India ke Samudra Pasifik, termasuk Australia. Hama C. pavonana menyerang dan merusak tanaman dari mulai stadia larva. Tanaman inang yang diserang oleh larva termasuk tanaman kubis-kubisan dan sejenisnya, tetapi juga kapas (Gossypium), kacang polong (Cajanus cajan), dan lobak (Raphanus).

Gejala

Gejala serangan yang dapat diamati yaitu pada daun tanaman akan jelas terlihat, bekas serangana larva yang memakan bagian bawah daun dengan meninggalkan bekas berupa bercak putih. Sedangkan, lapisan permukaan atas daun biasanya tidak ikut dimakan dan akan berlubang serta hanya tinggal tulang-tulang daunnya. Jika bagian pucuk yang terserang, maka tanaman tidak dapat membentuk krop sama sekali.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk pengendalian hama C. pavonanai yaitu penggunaan musuh alami, mengambil dan memusnahkan kelompok telur dan larva yang baru menetas, dan aplikasi pestisida sintetik secara sistemik apabila pengendalian secara biologi dan fisik sudah tidak dapat menanggulangi serangan hama C. pavonana ini.

 

-----------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Badjo R, Rante CS, Meray ERM, Assa BH, Dien MF. SERANGAN HAMA ULAT KROP (Crocidolomia pavonana F.) PADA TANAMAN KUBIS (Brassica oleracea var. capitata L.) DI KELURAHAN KAKASKASEN II, KECAMATAN TOMOHON UTARA, KOTA TOMOHON.


Surahmat EC, Prijono D. 2002. GANGGUAN BIOLOGI PADA CROCIDOLOMIA PAVONANA (F.) (LEPIDOPTERA: PYRALIDAE) AKIBAT PERLAKUAN DENGAN EKSTRAK BIJI AGLAIA ODORATISSIMA BLUME (MELIACEAE). J. Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika 2 (2): 35-41


http://hamatanamankita.blogspot.com/2015/02/ulat-kropjantung-kubis-crocidolomia.html