A-Z Hama Tanaman

Cosmopolites Sordidus (Hama Penggerek Bonggol Pisang atau Kumbang Uret)

Serangga Cosmopolites sordidus (Germar, 1824) (Coleoptera: Curculionidae) merupakan salah satu jenis serangga yang menjadi hama pada tanaman pisang. Hama ini dikenal dengan istilah kumbang uret atau penggerek bonggol pisang. Hama kumbang uret, C. sordidus, menyerang pada stadium larva. Larva atau ulat hama yang keberadaanya di bonggol pisang menyulitkan petani untuk mendeteksi serangan hama ini.

Serangan larva kumbang uret ini dapat menyebabkan produksi pisang menurun hingga 40% pada siklus tanam ketiga. Produksi yang menurun tersebut akan semakin besar berbanding lurus dengan jumlah siklus tanam. Serangan berat hama kumbang uret, C. sordidus, menyebabkan puso karena sebagian besar tanaman mati.

Gejala

Serangan hama kumbang uret, C. sordidus, mengganggu atau menginisisasi nutrisi, transportasi, menyebabkan kekerdilan pada tanaman, pematangan buah tertunda, ukuran buah kecil, serta menyebabkan patahnya batang tanaman pisang.

Itu karena larva hama ini yang menggerek bonggol masuk dengan cara membuat terowongan-terowongan pada bonggol pisang. Terowongan yang dibuat oleh larva merupakan tempat unuk masuknya patogen lain seperti Fusarium sp., sehingga dapat menyebabkan kerusakan dan busuknya jaringan bonggol pisang. Pada serangan berat, bonggol pisang dipenuhi lubang gerekan yang kemudian menghitam dan membusuk.

Penanganan dan Pencegahan

Strategi pengendalian hama yang dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Penanaman bibit sehat. Bonggol bibit dibersihkan dari hama dan penyakit dengan cara direndam dalam insektisida efektif selama beberapa menit.
  2. Pemanfaatan predator jenis kumbang Plaesius javanus Er., dan cendawan Metarrhizium sp. sebagai lawan larva hama ini.
  3. Tanaman terserang dipotong-potong termasuk bonggolnya dan dikubur di dalam tanah.
  4. Menangkap kumbang yang ada pada potongan batang kemudian dimusnahkan.
  5. Menaburkan pestisida butiran di sekitar pangkal batang pisang lalu ditutup dengan tanah.

 

--------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


http://ditlin.hortikultura.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=125&Itemid=113


Syahputra A, Suswaati, Indrawati A. 2016. Pengendalian Hama Penggerek Bonggol Pisang (Cosmopolites sordidus Germar) dan Penggerek Batang Pisang (Odoiphorus longicollis Oliver) dengan Beauveria bassiana. Agrotekma 1 (1): 69 - 80