A-Z Hama Tanaman

Conopomorpha Cramerella (Penggerek Buah Kakao)

Hama penggerek buah kakao (PBK) atau Conopomorpha cramerella (Snellen) (Lepidoptera: Gracillariidae) merupakan hama penting pada tanaman kakao, yang dapat menurunkan produksi sampai 80 persen. Serangan hama serangga ini menyebabkan rendahnya produksi dan produktivitas tanaman kakao dan mutu biji yang dihasilkan. Akibat serangan PBK yang dikategorikan berat kehilangan produksi biji sebesar 82,2%.

Hama PBK ini sangat sulit dikendalikan karena larva masuk kedalam buah kakao buah kakao dan merusak plasenta dalam buah sehingga biji kakao menjadi hampa dan mengeras. Hama PBK C. cramerella, selain menyerang tanaman kakao, juga menyerang tanaman rambutan (Nephelium lappaceum), pulasan (Nephelium mutabile), kasai (Potemia pinnata), cola (Cola nitida, C. acuminate), dan namnam (Cynometra cauliflora).

Penyebaran hama PBK di Indonesia yaitu dianataranya: Pulau Jawa, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kepupauan Sangihe dan Talaud, Maluku, Kalimantan Timur, Sumatera Barat.

Gejala

Gejala serangan hama PBK ini dapat diamati pada warna kulit buah berwarna kuning jingga atau pucat keputihan, apabila digoyang buah tidak berbunyi. Umumnya, buah yang terserang hama ini akan lebih berat dibandingkan dengan buah yang sehat. Bagian dalam buah rusak, biji berwarna hitam, terhambat perkembangannya, ukuran biji lebih kecil dari biji yang sehat, dan biji menempel atau melekat satu sama lain.

Penanganan dan Pencegahan

Pengendalian yang bisa dilakuan terhadap serangan hama PBK ini yaitu sanitasi lahan dari inang lain, seperti rambutan, namnam, dan kola, tidak menanam varietas criollo (rentan); agak tahan: jatirunggo dan forastero; pembungkusan buah, mengurangi naungan, panen pada saat buah masak awal dan dikombinasikan dengan panen sesering mungkin; rampasan yakni mengambil semua buah yang ada dan memusnahkannya (kalau serangan sangat berat) (dengan menyemprotkan Ethrel); serta konservasi musuh alami, seperti arasitoid telur Trichogrammatoidea bactraefumata Nagaraja dan semut hitam, Dolichoderus bituberculatus Mayr.

 

-------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Negara A. 2015. Tanggapan hama penggerek buah kakao Conopomorpha cramerella terhadap feromon seks dan intensitas serangannya di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. PROS SEM NAS MASY BIODIV INDON 1 (7): 1655-1657


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


http://lepidoptera.butterflyhouse.com.au/grac/cramerella.html