A-Z Hama Tanaman

Chilo Polychrysa (Penggerek Batang Padi Kepala Hitam, PBPKH)

Penggerek batang padi kepala hitam (PBPKH), Chilo polychrysa (Walker) (Lepidoptera: Crambidae) merupakan salah satu jenis ngengat yang menjadi hama, yang sering ditemukan pada tanaman padi yang ditanam dekat dengan tanaman jagung dan tebu. Larvanya berwarna kuning krem dengan lima garis coklat yang berbeda dan dapat dibedakan dari jenis penggerek batang lainnya, yaitu kepala sepenuhnya hitam.

Kerusakan tanaman padi tersebut disebabkan oleh aktivitas larva hama PBPKH di dalam batang padi. Larva hama PBPKH merusak tanaman padi mulai dari fase anakan/vegetatif sampai fase pematangan/generatif.

Gejala

Gejala serangan hama tanaman padi titik tumbuh tanaman padi atau anakan padi menjadi kerdil dan mati pada fase vegetatif. Sedangkan, gejala beluk (whitehead symptom) disebabkan oleh pangkal malai tanaman padi yang dikerat oleh larva serangga hama ini. Aktivitas larva hama PBPKH pada fase generatif tersebut menyebabkan pangkal malai berwarna putih dan mati sehingga bulir padi menjadi hampa.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa strategi pengendalian yang bisa dilakukan terhadap hama penggerek batang padi kepala hitam (PBPKH) yaitu:

  1. Pola tanam, seperti tanam serempak, pergiliran tanaman dengan tanaman selain padi, pengunaan varietas padi tahan hama PBPKH.
  2. Secara fisik, seperti pengumpulan telur untuk kemudian dibunuh. Selain itu,untuk mencegah kesempatan berkepompong, maka pada saat panen diusahakan pemotongan jerami samapi serendah mungkin.
  3. Eradikasi, berupa pemusnahan sumber hama PBPKH dengan cara mengumpulkan jerami lalu dilakukan pembakan jerami tersebut.
  4. Secara Biologis, yaitu penggunana musuh alami baik jenis predator maupun jenis parasitoid.
  5. Secara Kimiawi,yaitu penggunaan pestisida yang disesuaikan dengan keberadaan dan intensitas serangan populasi hama PBPKH, serta umur tanaman padi.

 

---------------------------------------
Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi


Pathak MD, Khan ZR. 1994. Insect Pest of Rice. Los Banos: International Rice Research Institute


Kasumbogo Untung. 2010. Diktat Dasar-dasar Ilmu Hama Tanaman. Jurusan Hama dan Penyakit TumbuhanFakultas Pertanian UGM, Yogyakarta.Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.

 

http://www.nbair.res.in/insectpests/Chilo-polychrysa.php