A-Z Hama Tanaman

Brontispa Longissima (Hama Kumbang Janur Kelapa)

Hama Kumbang Janur Kelapa atau Brontispa longissima (Gestro) (Coleoptera: Hispidae) merupakan salah satu hama pada tanaman kelapa. Umumnya, hama ini menyerang tanaman kelapa yang tidak terawat dengan baik. Sering ditemukan pada tanaman muda sampai berumur 8 tahun.

Hama ini menyerang pada hampir semua tahap umur tanaman, terutama tanaman yang sudah menghasilkan. Hal ini disebabkan karena secara morfologi tanaman kelapa setiap bulan menghasilkan janur baru yang merupakan sumber makanan Brontispa. Serangan berat biasanya terjadi pada musim kering.

Penyebaran geografis serangga hama B. longissima ini yaitu Malaysia, Indonesia, dan negara-negara di Kepulauan Pasifik. Tanaman inang dari hama ini yaitu kelapa, pinang, kelapa sawit, dan sagu.

Gejala

Larva dan imago hama kumbang janur kelapa B. longissima memakan permukaan dalam janur kelapa yang belum membuka, menimbulkan bercak-bercak berwarna coklat memanjang dan menyatu sehingga janur kelapa menjadi keriput seperti terbakar. Hama ini tidak menyukai cahaya sehingga pada saat daun terbuka, larva dan imago akan berpindah menyerang daun yang lebih muda.

Pada tanaman muda biasanya serangan lebih berat karena janurnya relatif lebih longgar. Pada serangan ringan, diketahui jumlah buah per manggar menurun. Jika lebih dari 8 anak daun per pelepah terserang, jumlah buah pada ketiak anak daun tersebut sangat rendah.

Serangan berat dan terus-menerus dapat menyebabkan banyak buah berguguran, daun baru berukuran lebih kecil, anak daun tidak membuka sempurna, asimilasi daun terhambat, diameter batang mengecil, dan dapat mematikan tanaman.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa cara pengendalian hama kumbang janur kelapa B. longissima, yaitu:

  1. Memotong dan membakar daun terserang.
  2. Konservasi musuh alami: parasitoid telur Haeckeliana brontispae (Hymenoptera: Trichogrammatidae), dan Ooencyrtus sp. (Hymenoptera: Encyrtidae); parasitoid larva Tetrastichus brontispae (Hymenopt era: Eulophidae), dan predator Cheliosoches morio (Dermaptera: Forficulidae).
  3. Aplikasi pesttisida dilakukan jika populasi rata-rata imago > 10 ekor per tanaman dari sampel 10 pohon di daerah serangan.

 

--------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

http://disbun.inhilkab.go.id/pengendalian-hama-brontispa-longissima-pada-tanaman-kelapa/


Alouw JC. 2007. Kemampuan Memangsa Predator Celisoches morio Terhadap Hama Kelapa Brontispa longissima. Bulletin Palam 33: 1-8


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.