A-Z Hama Tanaman

Bradybaena Similaris Ferussac (Siput Semak)

Siput Bradybaena similaris Ferussac (Mollusca: Gastropoda: Bradybaenidae) merupakan salah satu jenis organisme penggganggu tanaman (OPT) yang menyerang tanaman hias seperti anggrek. Jenis OPT ini dikenal juga sebagai siput semak, memiliki ukuran 10-12 mm, diameter 14-18 mm dengan 5-6 alur lingkaran. OPT siput ini sering ditemukan di daerah dengan rumput tinggi dan kelembaban tinggi, di sekitar halaman rumah atau kebun, dan di bawah kayu atau ranting yang jatuh.

Selain itu, diketahui bahwa siput semak ini juga menjadi inang bagi cacing parasit Eurytrema pancreaticum yang merupakan penyebab radang pankreas pada sapi, kerbau, biri-biri, kambing, dan babi.

Gejala

Siput semak B. similaris merusak seluruh bagian tanaman dengan memakan daun, batang, dan akar tanaman. Jenis OPT ini memakan daun dan akar-akar muda, hingga menganggu pertumbuhan tanaman yang diserang.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa strategi dalam penanganan dan pencegahan serangan siput semak Bradybaena similaris yaitu sesuai dengan prinsip Pengendalian Hama Terpadu (PHT), diantaranya sebagai berikut:

  1. Secara fisik, dengan melakukan strelisasi media tumbuh, seperti melakukan uap panas agar tanaman bebas dari organisme pengganggu tanaman (OPT) yang dapat ditularkan melalui media tumbuh,
  2. Secara kultur teknis, pemeliharaan tanaman secara optimal, pemupukan berimbang, sanitasi lingkungan kebun,
  3. Aplikasi pestisida nabati dan pestisida kimiawi secara bijak.

 

-------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Hanudin, Djatnika I. 2012. Inovasi Teknologi Pengendalian Hama/Penyakit Utama Mendukung Peningkatan Produktivitas dan Kualitas Anggrek yang Berdaya Saing Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Anggrek.


http://www.molluskman.com/Bradybaena_similaris.html


https://id.wikipedia.org/wiki/Keong_Semak