A-Z Hama Tanaman

Bactrocera dorsalis (Lalat Buah)

Serangga lalat buah Batrocera Dorsalis (Diptera: Tephridae) merupakan salah satu hama penting yang menyerang tanaman sayuran dan buah-buahan, seperti mangga, belimbing, jambu batu, jeruk, pisang, serta beberapa tanaman sayur. Serangga hama ini memiliki siklus hidup sempurna, terdiri dari telur, larvva atau ulat, pupa, dan imago atau serangga dewasa. Distribusi hama lalat buah B. dorsalis yaitu Asia, Afrika, dan Kepualau Pasifik.

Hama lalat buah menyerang buah muda dan buah tua. Serangga betina dewasa dari hama ini akan menusuk buah dengan ovipositor (alat peletak telur) untuk meletakkan telur di dalam jaringan kulit buah, sehigga bekas tusukan tersebut akan membuat titik hitam di permukaan kulit buah. Kemudian, titik hitam itu akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan dan akhirnya buah menjadi busuk. Telur dalam daging buah akan menetas menjadi larva atau ulat, yang memakan atau menggerek dagung buah tersebut. Buah yang terserang akan membusuk dan bentuk tidak normal.

Gejala

Gejala awal serangan yang bisa diamati yaitu, pada permukaan kulit buah ditandai dengan adanya titik bekas tusukan ovipositor lalat betina saat meletakkan telurnya ke dalam buah. Akibat larva yang menetas dari telur di dalam buah, maka titik-titk bekas tusukan ovipositor tersebut berkembang menjadi bercak coklat di sekitar titik tersebut. Larva atau ulat hama ini memakan daging buah, yang mengakibatkan buah menjadi busuk dan gugur sebelum matang.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa cara pengendalian hama lalat buah B. dorsalis, yaitu:

  1. Menerapkan peraturan karantina antar area/wilayah/negara yang ketat untuk tidak memasukkan buah yang terserang dari daerah endemis.
  2. Pencacahan tanah di bawah tajuk pohon yang agak dalam dan merata.
  3. Mengumpulkan buah yang terserang baik yang masih berada pada pohon maupun yang gugur, kemudian dibakar atau dibenamkan.
  4. Pengasapan di sekitar pohon dengan membakar serasah/jerami sampai menjadi bara yang cukup besar untuk mengusir lalat.
  5. Pemanfaatan musuh alami antara lain semut, laba-laba, kumbang dan cocopet.

 

----------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Asaad M, Warda, Aidar G. 2007. Kajian Pengendalian Terpadu Lalat Buah, Bactrocera dorsalis, Pada Tanaman Mangga: Studi Kasus di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian 10 (1): 1-10

 

Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.

 

http://entnemdept.ufl.edu/creatures/fruit/tropical/oriental_fruit_fly.htm