A-Z Hama Tanaman

Agrotis spp (Ulat Tanah)

 Agrotis spp. (Lepiodoptera: Noctuidae) atau Ulat Tanah merupakan salah satu jenis hama polifag, yang menyerang berbagai jenis tanaman seperti jagung, kubis, bawang merah, tomat, tembakau, kentang, kedelai, kacang tanah. Hama ngengat Agrotis spp. lebih tertarik meletakkan telur di tanah yang baru diolah.

Di Indonesia, diketahui ada tiga spesies hama ulat tanah ini yaitu Agrotis ipsilon (Hufn.), A. segetum Schiff., dan A. interjectionis Gueene. Serangan hama ini di Pulau Jawa lebih banyak dilaporkan di dataran tinggi. Di Jawa Barat populasi ulat tanah biasanya meningkat pada periode transisi antara musim hujan ke musim kemarau.

Gejala

Larva aktif pada malam hari untuk mencari makan dengan menggigit pangkal batang. Pangkal batang yang digigit akan mudah patah dan mati. Pangkal batang tanaman muda terpotong di permukaan tanah, kalau diperiksa di dalam tanah di sekitarnya maka akan ditemukan larva ulat tanah.

Disamping menggigit pangkal batang, larva yang baru menetas, sehari kemudian juga menggigit permukaan daun. Ulat tanah sangat cepat pergerakannya dan dapat menempuh jarak puluhan meter. Seekor larva dapat merusak ratusan tanaman muda.

Penanganan dan Pencegahan

Pengendalian dari hama ulat tanah ini yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Menunda waktu tanam setelah pengolahan tanah, merendam lahan, membakar lahan.
  2. Konservasi musuh alami: parasit larva Apanteles ruficrus Hal., Tritaxys braueri (DeMey) dan Cuphocera varia (F.)
  3. Aplikasi cendawan patogen: Botrytis dan Metarrhizium.
  4. Aplikasi pestisida butiran atau dengan cara pengumpanan.

 

-------------------------------------

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

 http://ditlin.hortikultura.pertanian.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=92&Itemid=236


Maghfiroh A, Binawati DK. 2012. PENGENDALIAN HAMA ULAT TANAH (Agrotis ipsilon) DAN ULAT GRAYAK (Spodoptera exiqua) PADA TANAMAN BAWANG PREI (Allium porrum) DENGAN BIOINSEKTISIDA EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura). Stigma 6 (2):23-26


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.