A-Z Hama Tanaman

Agromyza Phaseoli (Lalat kacang)

Salah satu jenis serangga yang menjadi hama penting pada tanaman kedelai yaitu serangga Agromyza phaseoli (Diptera: Agromyzidae). Hama ini disebut sebagai hama kacang dan stadia larva atau ulat yang paling merusak tanaman kedelai pada fase perkecambahan dan tanaman muda. Tanaman kedelai yang terserang hama kacang ini dapat menyebabkan tanaman menjadil kerdil dan polong yang terbentuk hanya sedikit. Serangan yang tinggi dari lalat kacang biasanya terjadi pada musim kemarau. Ketersediaan tanaman inang sepanjang tahun yang berlimpah menjadi faktor dominan yang menunjang pertumbuhan lalat kacang ini.

Gejala

Beberapa gejala serangan hama lalat kacang ini yaitu:

  1. terdapat tanda bintik-bintik putih bekas tusukan alat peletak telur serangga betina pada keping biji, daun pertama, atau daun kedua.
  2. terdapat alur atau garis berkelok-kelok berwrna coklat bekas lubang gerekan larva/ulat pada keping biji dan daun pertama tanaman kedelai.
  3. Kematian tanaman yang dijumpai pada tanman berumur 14-30 hari. Hal tersebut disebabkan oleh gerekan oleh larva pada jaringan pengangkut terputus, yang mengakibatkan akar mati dan tanaman menjadi layu dan mati.

Penanganan dan Pencegahan

Beberapa pengendalian yang bisa dilakukan terhadap serangan hama lalat kacang ini yaitu:

  1. Melakukan pergiliran tanaman dengan tanaman selain kelompok kacang-kacangan
  2. Perlakuan bibit yang tahan
  3. Menggunakan mulsa jerami
  4. Lakukan tanam serentak pada areal yang cukup luas, dengan selisih waktu tidak lebih dari 10 hari ant batas tanam awal dan tanam akhir.

 

-------------------------------------- 

Disusun oleh : Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Kasumbogo Untung. 2010. Diktat Dasar-dasar Ilmu Hama Tanaman. Jurusan Hama dan Penyakit TumbuhanFakultas Pertanian UGM, Yogyakarta.


Pathak MD, Khan ZR. 1994. Insect Pest of Rice. Los Banos: International Rice Research Institute


Kalshoven LGE. 1981. Pest of Crops in Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Baru-Van Hoeve.


http://sulsel.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi/panduan-petunjuk-teknis-brosur/133-teknologi-budidaya-kedelai-pada-lahan-sawah