Cara Mengunci File Ms Word Dijamin 100% Aman

Sudah tau belum sobat kalau ternyata file microsoft word ini bisa kalian kunci loh, sudah tahu belum caranya? jika belum tahu simak artikel genagraris tentang cara mengunci file Ms Word

Untuk kalian yang tidak ingin orang lain mengakses dokumen dan juga file kalian, apalagi terutama orang yang asalan membocorkan rahasia. Dokumen-dokumen ini biasanya terdapat di file Word, PDF, ataupun Excel. File tersebut mungkin berisi informasi penting perusahaan atau tesis atau bahkan tesis.

Tentu saja, kalian tidak ingin siapa pun mengubahnya atau bahkan mengeditnya dengan alasan apa pun. Oleh karena itu, kalian perlu melindungi file atau dokumen ini dengan cara khusus. Sehingga hanya kalian atau seseorang yang kalian tentukan yang memiliki akses untuk membuka dan mengedit dokumen.

Disini saya akan menjelaskan cara mengunci file Microsoft Word agar orang lain tidak bisa mengcopy apa yang sudah kalian didalam lembar kerja microsoft word.

Cara Mengunci File Ms Word

cara mengunci file ms word

Masukkan password atau kunci file Microsoft Word dan hal lain yang harus dilakukan bila file tersebut berisi data penting yang tidak bisa sembarangan dibuka oleh orang lain. Berikut ini adalah salah satu cara untuk memberikan kata sandi kepada Microsoft Word yang bisa kalian gunakan untuk melindungi file penting.

Baca Juga:  6 Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengunci File Word dengan Enkripsi Kata Sandi

Ini adalah pertama kalinya saya menggunakan fitur Enkripsi dengan Kata Sandi untuk mengunci file Microsoft Word atau memberikan kata sandi. Faktanya, metodenya hampir mirip dengan memberikan kata sandi ke MS Excel, dibawah ini adalah langkah – langkah yang bisa kalian gunakan untuk mengunci file microsoft word.

  • Pertama kalian bisa membuka atau menghidupkan laptop kaliann
  • Buka file Microsoft Word yang ingin kalian kunci atau masukkan kata sandi
  • Selanjutnya, cari menu File yang terletak di sebelah menu Start dan klik di atasnya.
  • Kemudian pilih informasi di atas
  • Kemudian klik Protect Documents.
  • Kemudian muncul beberapa opsi
  • Untuk mengunci file Word kalian, pilih Enkripsi dengan kata sandi
  • Jika kalian menggunakan Microsoft Word 2007, klik logo Tombol Office
  • Kemudian klik Siapkan dan pilih Enkripsi Dokumen
  • kalian kemudian akan diminta untuk memasukkan kata sandi
  • Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil untuk membuat kata sandi, lalu klik OK.
  • Masukkan password yang telah dibuat kembali. Fungsinya untuk mengkonfirmasinya
  • Kemudian klik OK dan simpan file Word

kalian tidak perlu membuat kata sandi yang susah, yang penting kalian harus selalu ingat kata sandi yang sudah kaliann buat. Karena kalau kalian lupa kata sandi itu akan menyusahkan kalian juga.

Cara menghapus kata sandi di Microsoft Word

Jika kalian ingin menghapus kata sandi di file Microsoft Word, yang harus kalian lakukan adalah membuka file Word. Dibawah ini adalah cara – cara yang bisa kalian ikuti untuk menghapus kata sandi di file word, antara lain sebagai berikut. 

  • Buka file Microsoft Word
  • Masukkan sandi yang sudah kalian buat
  • Klik menu File lagi (2010 dan lebih baru) dan kemudian klik ikon Tombol Office (2007).
  • Pilih Informasi, klik Lindungi Dokumen, lalu klik Enkripsi dengan Kata Sandi (2010 dan lebih baru).
  • Pilih Siapkan, klik Siapkan, lalu pilih Enkripsi Dokumen (2007).
  • Kemudian hapus kata sandi yang sudah kalian buat.
  • Kemudian klik OK dan simpan file Word kalian
  • Selesai
Baca Juga:  Download Yacine TV Apk Versi Terbaru 2022

Cara mencegah Microsoft Word diedit

Cara selanjutnya yang akan saya berikan untuk melindungi file Microsoft Word adalah mengunci Microsoft Word agar file tidak dapat diedit dan orang yang membukanya menjadi bingung.

  • Pertama buka uka file Microsoft Word
  • Klik menu file di sudut kiri atas (Microsoft Word 2010 dan lebih tinggi).
  • Kemudian pilih Information dan kemudian Protect Document
  • Kemudian pilih Batasi pemrosesan.
  • Kemudian kalian akan melihat Restrict Editing UI di sisi kanan layar laptop.
  • Di sini kalian hanya perlu mengaktifkan opsi Izinkan jenis pengeditan ini di dokumen
  • Klik panah bawah, lalu pilih Isi Formulir
  • Kemudian klik Yes dan mulai proteksi.
  • Kemudian permukaan muncul. Klik kata sandi di sini, masukkan kata sandi dan konfirmasi kata sandi. Lalu klik OK
  • Terakhir, yang harus kalian lakukan adalah menyimpan file Word

Sekian dulu ya sobat, sampai jumpa diartikel-artikel selanjutnya. Terima kasih telah berkunjun.