Cara Melihat IP Address Laptop dan Komputer Dengan Mudah

Genagraris.id – Walaupun saat ini sudah banyak pengguna laptop, namuan tidak banyak orang tahu bagaimana Cara Melihat IP Address di laptop loh.

IP Address komputer atau laptop merupakan sebuah indentitas yang melekat pada perangkat laptop kalian.

Penggunaan komputer atau laptop saat ini sangat membantu dalam hal pekerjaan ataupun untuk mengerjakan tugas sekolah. Akan tetapi banyak dari pengguna yang tidak mengetahui identitas komputer nya masing-masing.

Padahal disetiap komputer atau laptop itu sendiri tentunya memiliki indentitas yang berbeda untuk setiap, Identitas itu biasanya disebut dengan IP Adrees.

IP Adress ini mempunyai beberapa fitur yang bisa kalian manfaatkan karena item yang dibuat didalam komputer atau laptop itu tidak mungkin tidak memiliki fungsi dan manfaat.

Untuk kalian yang belum tahu dan ingin mengetahui apa saja manfaat dan fitur dari IP Adress kalian bisa menyimak penjelasan yang ada dibawah ini.

Cara Melihat IP Address Laptop

Cara Melihat IP Address laptop

Komputer atau laptop merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai tempat berkreasi, menyimpan, dan berkomunikasi. Untuk menghubungkan dari satu komputer ke komputer lain, itu harus memiliki IP.

Baca Juga:  11 Situs Download Subtitle Indonesia Terlengkap

IP itu sendiri adalah alamat perangkat komputasi yang terdiri dari beberapa angka. Angka-angka di setiap komputer berbeda. Membuat dan melihat alamat IP komputer sangatlah mudah.

Sangat mudah untuk membuat IP agar bisa menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya. Selain IP, kalian juga perlu menyiapkan perangkat seperti kabel LAN, konektor RJ45, dan konektor HUB (jika ingin menghubungkan lebih dari 2 komputer).

Fitur dan manfaat IP di Laptop

Cara Mengetahui IP Address laptop

Dibawah ini merupakan manfaat dan fitur-fitur yang ada pada beberapa kapabilitas IP komputer, antara lain sebagai berikut.

Hubungkan dari satu komputer ke komputer lainnya

Fitur pertama yang harus kalian ketahui adalah IP bisa menghubungkan komputer secara bersamaan. IP ini memungkinkan kalian untuk terhubung dari satu komputer ke komputer lain dan memanfaatkan koneksi komputer kalian.

Salah satunya adalah mencetak data tanpa menginstal driver printer di satu komputer sedangkan driver lainnya diinstal di komputer lainnya.

Kirim atau dapatkan file dari komputer lain

Fitur dan keunggulan IP pada komputer selanjutnya bisa mengirim dan menerima file dari satu komputer ke komputer lainnya.

Ketika beberapa komputer terhubung, kalian bisa mengirim file atau mendapatkan file di komputer lain menggunakan komputer kalian, selama kalian mengetahui IP komputer lain tersebut.

Seperti identitas Laptop

Tujuan identitas ini adalah alamat perangkat komputasi. Misalnya, rumah kalian harus memiliki alamat, jadi itulah yang dimaksud dengan IP (alamat perangkat komputer).

Baca Juga:  Download Sound Tiktok MP3 Dengan Aplikasi Atau Tanpa Aplikasi

Seperti jejak pengunjung internet di dunia maya

Siapa yang belum menjelajahi internet di era digital ini? Jika kalian sering menjelajah Internet dengan komputer atau ponsel, jejak digital kalian akan dikenali. IP perangkat komputasi yang akan dikenali.

Oleh karena itu, gunakanlah Internet dengan benar, dan bukan untuk hal-hal yang merugikan orang lain dan bagi kalian.

Cara mengetahui IP Address komputer

Untuk mempelajari cara mengetahui alamat IP komputer ini, kalian bisa melihat pengaturan default saat komputer atau laptop kalian terhubung ke internet dan kalian bisa menggunakan WIFI dari  ponsel kalian.

berikut ini adalah langkah- angkah yang bisa kalian lakukan untuk melihat IP komputer di Windows 7, antara lain sebagai berikut.

  • Buka control panel
  • Pilih Jaringan dan Internet
  • Kemudian pilih Jaringan dan sharing center
  • Lalu klik Sambungan Jaringan Nirkabel
  • Jika kalian menggunakan koneksi yang berbeda, kalian bisa memilih Local Area Connection
  • Kemudian pilih Details.

Untuk kalian yang ingin mengetahui cara membuat IP komputer agar bisa terkoneksi, kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

Setelah membahas tentang manfaat dan fitur IP komputer, saya akan melakukan tutorial tentang cara membuat IP pada komputer agar bisa terhubung antara satu komputer dengan laptop lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa kalian untuk membuat IP laptop di Windows 7, adalah sebagai berikut.

  • Pertama Buka control panel
  • Kemudian Pilih Jaringan dan Internet
  • Setelah itu pilih Jaringan dan sharing center
  • Lalu pilih Ubah pengaturan adaptor di kiri atas.
  • Kemudian klik dengan tombol kanan mouse pada Local Area Connection lalu pilih Properties
  • Jika sudah pilih Internet Protocol Version 4 dan klik Properties
Baca Juga:  Lucky Spin Free Fire Asli Gratis dan Berhadiah Skin & Diamond

Jika komputer kalian terhubung ke Internet, kalian memiliki dua opsi: Gunakan alamat IP yang kalian pilih sebelumnya. Namun, jika komputer kalian tidak terhubung ke internet, kalian bisa menggunakan alamat IP yang ada dibawah ini.

  • Alamat IP server (primer): 192.168.10.1
  • Alamat IP klien: 192.168.10.2
  • Subnet mask: 255.255.255.0
  • Gerbang standar: 192.168.10.1
  • Server DNS tidak perlu diisi.

Akhir Kata

Setiap pengguna laptop atau komputer harus mengatahui alamat IP nya masing-masing, karena itu merupakan sebuah identisan untuk laptop yang kalian gunakan.

Cara Mengetahui IP Address Laptop yang gua berikan diatas itu merupakan langah-langkah yang paling mudah, walaupun kalian tidak pernah mengotak-atik laptop kalian, namun dengan langkah diatas kalian pasti bisa.

Cukup sekian ya sobat untuk penjelasan kali ini, untuk kalian ketahui IP Address untuk setiap perangkat itu pasti berbeda-beda, bukan hanya laptop saja yang memiliki IP Address, ponsel yang kalian gunakanpun memiliki IP nya sendiri.