Begini Cara Cek Bantuan UMKM Atau BPUM Terbaru 2022

Genagraris.id – Bagi kalian yang berhak menerima bantuan (BLT) UMKM, silahkan kalian simak cara cek bantuan UMKM atau BPUM dengan menggunakan NIK KTP dan memesan antrian secara online pada bank BNI dan BRI.

Diketahui, pemerintah telah meluncurkan bantuan presiden produktif mikro (BPUM) atau biasa disebut dengan bantuan UMKM.

Pelaku usaha mikro hanya dapat mencairkan satu bantuan saja dan bantuan tersebut disalurkan melalui bank BRI dan BNI.

Deputi bidang usaha mikro UMKM eddy satriya mengatakan, seluruh pihaknya menyalurkan UMKM sebesar Rp. 1,2 juta tersebut ke para pelaku UMKM yang ada diseluruh Indonesia.

Beliau berharap dengan adanya bantuan ini bisa menambah semangat para pelaku umkm untuk tetap berjualan di era pandemi saat ini.

Lalu bagaimana cara mengecek apakah pelaku penerima umkm sudah menerima atau belum? karena bantuan ini dikhusus untuk mereka yang memiliki usah menengah sobat.

Selain bisa kalian cek dengan datang langsung ke bank tersebut, kalian juga bisa ngecek bantuan tersebut melalui situs bank melalui smartphone.

Nah, bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara mengeceknya, kalian tidak usah bingung sobat, karena didalam artikel ini kami akan membantu kalian yang ingin tahu apakah bantuan tersebut sudah cair atau belum.

Namun sebelum kalian cek bantuan UMKM tersebut, kalian juga harus mengetahui apa saja syarat untuk menerima bantuan UMKM dari presiden sobat.

Syarat Penerima Bantuan BPUM atau UMKM

syarat menerima bantuan umkm

Pada saat ini pendaftaran e form bri yang tahap ketiga sudah ditutup. Namun tidak ada salahnya kita mencari informasi tentang syarat-syaratnya. Karena bantuan ini akan tetap dicair dengan beberapa periode.

Baca Juga:  Bio WA Aesthetic Bahasa Inggris Dan Singkat Kekinian 2022

Nah, ada 7 syarat yang harus kalian siapkan untuk menerima BPUM e form bri, diantaranya:

1. Warga Negara Indonesia

Hal yang sangat penting saat kalian menerima bantuan BPUM atau UMKM adalah hanya warga negara indonesia, dibuktikan dengan adanya Kartu Tanda Penduduk Indonesia KTP.

2. Tidak Berstatus Asn

Syarat selanjutnya adalah saat menerima BPUM tidak boleh berasal dari kalangan ASN dan juga pemilik usaha dengan status karyawan BUMN atau BUMD.

3. Tidak Sedang Menerima KUR

Syarat yang ketiga, kalian tidak sedang menerima kredit usaha dari bank, karena kalian akan sulit untuk menerima bantuan BPUM.

4. Belum Pernah Menerima Bantuan BPUM

Dana bantuan hanya bisa kalian dapatkan satu kali saja, jika kalian sudah pernah menerima bantuan tersebut maka kalian tidak bisa menerima bantuan tahap selanjutnya.

5. Memiliki Usaha Mikro

Penerima bantuan dikhususkan bagi pemilik usaha mikro, dalam hal ini kalian harus mencantumkan bukti pendirian usaha (SIUP).

6. Mengajukan Berkas Ke Dinas Terkait.

Penerima bantuan harus mengajukan bantuan ke dinas koperasi atau umkm setempat. Jika lokasi kalian berbeda, maka kalian bisa mengajukan SKU pada awal pendirian usaha kalian.

Cara Cek Bantuan UMKM Melalui E Form BRI

cara cek bantuan umkm bri

Pada pandemi saat ini masih memberikan dampak bagi semua orang. Termasuk  bagi para usaha mikro kecil dan menengah

Untuk meringankan bagi para usaha mikro, pemerintah menjalankan  BPUM e-from BRI. Pastinya kalian bertanya-tanya apa sih bpum efrom itu?

Bpum e-from adalah salah satu program presiden yang diberikan kepada para pelaku umkm yang sedang menjalankan usaha untuk tambahan modal berniaga.

Lalu bagaimana cara mengecek untuk mendapatkan bantuan bpum atau umkm BRI ini. Kalian bisa simak langkah-langkah yang ada dibawah ini.

Baca Juga:  Begini Cara Transfer Bank Neo Ke Dana Tanpa Ribet

Hal yang pertama yang harus kalian lakukan yaitu kalian harus membuka link eform bri di situs eform.bri.co.id. Link ini bisa kalian akses di hp kalian.

2. Cari Opsi Bpum

Setelah kalian masuk ke situs e form BRI, kalian akan disajikan beberapa menu. Lalu kalian cari cek data bpum, lalu kalian klik.

3. Input NIK Dan Kode Verifikasi

Jika kalian sudah masuk dihalaman branda, berikutnya kalian masukan no KTP atau NIK kalian pada kolom yang sudah tersedia.

Dan jangan lupa kalian masukan kalian masukan kode verifikasi, lalu kalian tinggal mengklik tombol “Proses Inquiry”.

4. Cek Status Pertama

Dalam beberapa saat, nanti akan muncul status kalian. Jika kalian belum terdaftar sebagai penerima, maka akan muncul notif yang berwarna merah.

Sedangkan jika kalian sudah terdaftar maka akan ada notif pemberitahuan apakah anda sudah mendapatkan bantuan atau belum.

Bantuan bpum bisa kalian terima satu kali saja. Jika kalian belum pernah, maka kalian diarahkan ke halaman reservasi online.

5. Isi Data Yang Diperlukan

Pada halaman reservasi, kalian hanya perlu memilih provinsi atau kota kalian, serta unit kerja sesuai domisili kalian.

Kalian juga harus memilih tanggal untuk jadwal antrian, jika pada tanggal kalian pilih penuh, maka  kalian perlu mengganti tanggal antrian kalian.

6. Catat Nomor Referensi

Nah, jika kalian sudah menemukan tanggal yang pas, maka akan muncul halaman di handphone kalian “penerima BPUM info”

Lalu kalian catat nomor referensi yang tertera pada halaman, dan kalian simpan nomor referensi agar mudah kalian gunakan sewaktu-waktu.

Cara Cek Bantuan UMKM Melalui Situs Bank BNI

cara cek bantuan umkm bni

Cara kedua yang bisa kalian lakukan untuk mengecek bantuan BPUM adalah melalui situs bank BNI, begini caranya.

  • Pertama kalian buka browser lalu kalian ketik alamat situs https://banprespum.id.
  • Lalu kalian masukan NIK KTP kalian pada kolom yang sudah sediakan.
  • Kemudian kalian isi Kode verifikasi yang kalian dapatkan.
  • Jika sudah, kalian bisa melihat apakah bantuan kalian sudah cair atau belum.
Baca Juga:  20 Link Channel Grup Telegram BO Viral Terbaru 2021

Apabila kalian dana bantuan kalian sudah cair, maka kalian bisa mendatangi cabang bank terdekat untuk mendapatkan dana bantuan kalian.

Cara Mencairkan Dana UMKM

Setelah kalian terdaftar sebagai penerima bantuan umkm. Kami akan memberitahu cara mencairkannya, caranya kalian hanya perlu ke bank BRI dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Hadir Di Bank Sesuai Jadwal

Dana umkm hanya bisa kalian cairkan secara offline saja. Oleh karena itu, kalian hanya perlu datang ke bank sesuai jadwal yang ditentukan.

2. Bawa Persyaratan

Selanjutnya kalian harus membawa persyaratan dan berkas yang sudah ditentukan.

3. Tunjukan Bukti Pendaftaran

Langkah selanjutnya adalah kalian tunjukan bukti pendaftaran kalian kepada petugas bank.

4. Buat Rekening Bank

Setelah itu, petugas bank setempat akan meminta kalian untuk mengisi nomor rekening.

Jika kalian belum mempunyai rekening, maka nanti petugas bank akan membantu kalian membuat rekening.

Akhir Kata

Untuk kalian ketahui, bantuan presiden ini bisa kalian gunakan membantu perluasan ataupun penambahan modal usaha yang sedang kalian jalankan, jadi kalian bisa memakimalkaa semua uang tersebut untuk usaha kalian.

Sekian dulu ya sobat artikel tentang cara cek bantuan UMKM melalui situs bank BRI dan BNI yang bisa kalian lakukan dengan smartphone kalian, jadi kalian tidak perlu datang kebank sebelum bantuan kalian cair.

Namun jika kalian memiliki pertanyaan seputar bantuan tersebut, kalian bisa mendatangi salah satu cabang bank BNI atau BRI terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman sebagai pelaku usaha menengah, sampai jumpa pada pembahasan lainnya. Terima kasih.